Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 28 Agu 2018 18:34 WIB

Mau Tahu Harga Wajar Rumah Ahmad Dhani? Begini Cara Hitungnya

Selfie Miftahul Jannah - detikFinance
Foto: Hanif Hawari/detikHOT
Jakarta - Ahmad Dhani mengklaim rumah yang ia tinggali di kawasan Pondok Indah bernilai fantastis. Dia mengatakan aset rumahnya tersebut bernilai Rp 60 miliar.

Country General Manager Rumah123 Ignatius Untung menilai, harga Rp 60 miliar yang disebutkan Ahmad Dhani terhadap aset rumahnya yang memiliki luas tanah 750 meter dengan luas bangunan 2.000 meter masih terbilang wajar.

Ia menjelaskan, harga rumah Ahmad Dhani yang berada di kawasan Pondok Indah tersebut tergolong normal. Sebab, kata dia, harga tanah di kawasan tersebut bisa mencapai Rp 40 juta sampai Rp 60 juta per meter.

"Tanah saja bisa Rp 40 sampai Rp 60 juta per meter. Bangunan kalau mewah asumsinya setidaknya 7 juta per meter. Bisa lebih, tergantung kualitas," kata dia kepada detikFinance, Selasa (28/8/2018).
Berdasarkan acuan tersebut, detikFinance membuat simulasi perhitungan harga rumah Ahmad Dhani.

Jika harga tanah termurah di pondok indah seharga Rp 40 juta dengan luas tanah 750 m, maka biaya tanah sekitar Rp 30 miliar.


Komentar Farhat Abbas soal Ahmad Dhani Jual Rumah Demi Prabowo, tonton video di sini:

[Gambas:Video 20detik]



Sementara nilai bangunan Rp 7 juta dikali luas bangunan 2.000 meter persegi sekitar Rp 14 miliar. Jika ditotal tanah dan bangunan dengan ukuran dan luas seperti rumah Ahmad Dhani memiliki nilai Rp 44 miliar.

Sementara itu jika harga tanah termahal di Pondok Indah Rp 60 juta dengan luas tanah 750 meter total harga tanah Rp 45 miliar.

Sementara nilai bangunan 7 juta dikali luas bangunan 2.000 meter persegi sekitar Rp 14 miliar. Jika ditotal tanah dan bangunan dengan ukuran dan luas seperti rumah Ahmad Dhani memiliki nilai Rp 59 miliar.
Dengan kata lain, bila mengacu pada luas tanah dan bangunan rumah saja, maka kisaran harga untuk rumah Ahmad Dhani adalah Rp 45-59 miliar.

Untung mengatakan untuk kategori rumah artis besar, harga yang ditawarkan Ahmad Dhani masih terbilang biasa. Walau begitu, dia mengaku belum pernah melihat interior rumah Ahmad Dhani. Oleh karenanya, perhitungan tersebut hanya berdasarkan luas tanah dan juga bangunan saja.

"Harusnya sih range harganya masih di range yang tidak terlalu ekstrem. Nggak bisa dibilang kemahalan dan nggak bisa juga dibilang kemurahan," kata dia. (fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com