Wisma Atlet Mau Dikomersilkan, Berapa Harganya?

Danang Sugianto - detikFinance
Selasa, 11 Sep 2018 15:58 WIB
Foto: Raja Adil Siregar
Jakarta - Setelah digunakan untuk menampung para atlet Asian Games 2018, Wisma Atlet Kemayoran akan dialihfungsikan menjadi komersial. Bangunan yang berjumlah 10 tower ini akan menjadi rumah susun (rusun).

Lantas, berapa harga rusun Wisma Atlet tersebut bila dikomersilkan nanti?

Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Khalawi menjelaskan, sejatinya saat ini pemerintah melalui Sekretariat Negara (Setneg) belum memutuskan Wisma Atlet tersebut akan difungsikan menjadi rusun milik (rusunami) ataukah rusun sewa (rusunawa).

Oleh sebab itu, maka harga komersil dari rusun Wisma Atlet tersebut juga belum bisa ditentukan. Semua masih menuggu keputusan Setneg.

"Ya (harga) itu juga masih menunggu keputusan Setneg," kata Khalawi kepada detikFinance, Jakarta, Selasa (11/9/2018).


Yang pasti, kata Khalawi, Wisma Atlet Kemayoran tersebut akan difungsikan untuk memenuhi kebutuhan hunian bagi masyarakat yang belum memiliki hunian.

"Nanti bebas kok, tapi nanti Setneg yang tentukan. Tapi memang peruntukannya dipakai untuk keperluan seperti itu," tambahnya.

Lebih lanjut Khalawi mengatakan, proses pengalihfungsian Wisma Atlet Kemayoran akan dilakukan setelah Asian Para Games 2018 yang digelar pada 6 hingga 13 Oktober 2018.

"Belum kan masih mau dipakai untuk Asian Para Games 2018, nanti habis itu," ujarnya.

(das/fdl)