Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 08 Okt 2018 15:47 WIB

Warga Mau Pesan Rumah DP Rp 0? Pemprov DKI: Tunggu Pak Gubernur

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Proyek Rumah DP Rp 0 Klapa Village/Foto: detikcom/file Proyek Rumah DP Rp 0 Klapa Village/Foto: detikcom/file
Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta punya program rumah DP Rp 0 di Pondok Kelapa, Jakarta Timur. Proyek hunian vertikal yang diberi nama Klapa Village itu telah groundbreaking sejak Januari 2018.

Sejak groundbreaking hingga menjelang satu tahun Anies Baswedan memimpin Jakarta 16 Oktober nanti, warga DKI Jakarta belum bisa memesan unit di Klapa Village. Lantas, kapan hunian DP Rp 0 bisa dipesan?

Plt Kepala Dinas Perumahan Meli Budiastuti enggan memastikan kapan rumah DP Rp 0 bisa dipesan. Dia menyerahkan masalah rumah DP Rp 0 kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.


Menurut Meli, orang nomor satu di Jakarta tersebut akan mengumumkan langsung soal program rumah DP Rp 0 tersebut.

"Tunggu saja, nanti ada waktunya launching Pak Gubernur. Saya belum bisa memberikan publikasi. Nanti Pak Gubernur sendiri mempublikasikan itu," kata Meli kepada detikFinance via sambungan telepon, Senin (8/10/2018).

Meli juga menolak berkomentar soal kepastian peluncuran rumah DP Rp 0, dia menyerahkan keputusan itu kepada Anies Baswedan.

"Itu saja, terima kasih," kata Meli.


Sebelumnya, Meli mengatakan, Pemprov DKI akan meluncurkan Rumah DP Rp 0 pada Oktober 2018. Dia mengatakan, Pemrov tengah menyiapkan tiga peraturan gubernur (Pergub) sebagai dasar hukum program tersebut.

"Kami sedang menyusun di mana targetnya adalah di bulan Oktober sudah bisa di launching mengenai DP Rp 0," kata Meli dalam rapat KUPA PPAS di Gedung DPRD DKI, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin (24/9/2018).

Meli mengatakan, Pergub tersebut mengenai skema pembiayaan, pembentukan Badan Layanan Usaha Daerah (BLUD), dan struktur organisasi yang akan ada di BLUD tersebut.

Pemprov DKI pada APBD Perubahan 2018 mengusulkan Rp 717 miliar untuk segera merealisasikan program unggulan Gubernur DKI Anies Baswedan. Dia menuturkan dana tersebut dapat digunakan untuk membangun 3.000 unit rumah untuk warga.

"Kalau mengacu 2018 kan sekitar 3.000-an, Tapi nanti kita hitung lagi," jelas Meli.


Program rumah DP Rp 0 akan membantu warga dalam mendapatkan rumah. Melalui program tersebut, Pemprov DKI akan menanggung terlebih dahulu DP untuk mendapatkan rumah.

"Maksud dari DP Rp 0 masyarakat tidak mempersiapkan uang cash sebesar 20% (untuk DP). Selama ini mungkin masyarakat kalau mau mendapatkan rumah dengan DP 20%," terang Meli.




Tonton juga 'Bang Sandi Ingatkan Warga Waspada Calo Rumah DP Rp 0':

[Gambas:Video 20detik]

(hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed