Follow detikFinance
Selasa, 09 Okt 2018 19:26 WIB

Kapan Rumah DP Rp 0 Bisa Dipesan? Kepala UPT: Tanya Atasan

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: detikcom/file Foto: detikcom/file
Jakarta - Program rumah DP Rp 0 telah groundbreaking Januari 2018 di kawasan Pondok Kelapa, Jakarta Timur. Proyek hunian vertikal yang diberi nama Klapa Village itu kini belum bisa dipesan, meski unit pelaksana teknis (UPT) untuk mengurus pemesanan sudah terbentuk.

Kepala UPT program DP Rp 0 Pemprov DKI, Zikran Kurniawan, belum bisa memastikan waktu pemesana. Dia mengatakan untuk waktu pemesanan rumah DP Rp 0 menunggu keputusan atasannya.


"Tanya yang di atas saja. Saya kan cuma menyiapkan semuanya, kepala dinas barang kali lebih tahu kapannya. Kami kan menyiapkan saja," ujar Zikran kepada detikFinance, Selasa (9/10/2018).

Zikran menjelaskan fungsi UPT melayani masyarakat yang akan memesan unit hunian program DP Rp 0. Nantinya, masyarakat yang akan membeli diseleksi berdasarkan kemampuan hingga pasokan rumah yang tersedia.


"Nanti akan lewat sistem pendaftarannya, registrasilah siapa yang membutuhkan nanti akan ada seleksinya dari berapa daftar, berapa tersedia unitnya pasti akan diseleksi siapa yang membutuhkan, bukan berarti yang tidak dapat itu tidak layak enggak. Itu tergantung stok yang ada," jelas Zikran.

Registrasi tersebut juga bagian dari upaya Pemprov DKI Jakarta untuk mendata kebutuhan rumah masyarakat.


"Arahnya suatu sistem di mana seluruh masyarakat belum memiliki rumah biar register juga. Kita punya, siapa, data yang memerlukan rumah," sambungnya.

Soal persyaratan konsumen yang berhak ikut program DP Rp 0 akan disiapkan terlebih dulu, dan nanti ditampilkan di situs program DP Rp 0. Informasi dalam situs tersebut nanti antara lain seputar persyaratan, dokumen yang harus dilengkapi, hingga mendaftarnya di mana.

Lalu, bagaimana kesiapan UPT melayani program DP Rp 0? Zikran hanya menjawab itu akan disiapkan semuanya.


"Kalau rumah DP Rp 0 kita siapkan, kalau masalah siap tinggal evaluasi pimpinan saja. Siap kita jalankan, jalan aja. Nanti ditunggu saja, kebijakan pimpinan mau kapan, kami siapakan semuanya," terangnya.

Sebelumnya, detikFinance juga mengonfirmasi Plt Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI Jakarta, Meli Budiastuti. Ketika dikonfirmasi mengenai waktu pemesanan rumah DP Rp 0, dia menyerahkan keputusan tersebut kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Tunggu saja, nanti ada waktunya launching Pak Gubernur. Saya belum bisa memberikan publikasi. Nanti Pak Gubernur sendiri mempublikasikan itu," terangnya. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed