Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 18 Nov 2018 19:43 WIB

Ada Rencana Stasiun Baru , Akses ke Maja Bakal Makin Mudah

Akfa Nasrulhaq - detikFinance
Foto: Akfa Nasrulhaq/Detikcom Foto: Akfa Nasrulhaq/Detikcom
Lebak - Pengembang Grup Ciputra terus mengembangkan kawasan terpadu Citra Maja Raya di Maja, Lebak. Selain itu, infrastruktur di kawasan tersebut, baik yang dibangun pengembang maupun pemerintah, semakin menampakkan hasilnya.

President Director PT Ciputra Residence, Budiarsa Sastrawinata, mengatakan seiring bertambahnya hunian yang terus dibangun oleh Ciputra Group, maka semakin banyak pula permintaan akan adanya fasilitas penunjangnya seperti aksebilitasnya dan prasarana kebutuhan pokok lainnya.

"Kalau akses jalan, itu salah satunya akan ada jalan tol yang menghubungkan dari Ulujami Serpong akan lanjut ke Tigaraksa. Nah jalan tersebut akan lewat dekat lingkaran lima Ciputra Maja Raya, terus sebelum ke Tigaraksa, itu ada tol exit yang bisa menuju ke Maja sekitar 7 km jaraknya," ujar Budiarsa, Minggu (18/11/2018).

Selain itu pihaknya juga telah merencanakan untuk membangun halte yang nantinya bisa berkembang menjadi stasiun di antara stasiun Maja dan stasiun Citeras. Budiarsa menilai meski memang sudah ada stasiun yang terdekat dengan Ciputra Maja Raya, yaitu stasiun Maja, namun dengan pengembangan yang begitu luas dan terintegrasi, lokasinya sangat memungkinkan untuk adanya kebutuhan stasiun pertengahan.

Hal itu karena jarak antara stasiun Maja dan stasiun Citeras cukup panjang sekitar 10 km. Jadi, menurut Budiarsa, sangat visible untuk adanya stasiun pertengahan, dan kebetulan lokasinya itu berada di dalam kawasan.


"Itu yang kita sampaikan ke menteri perhubungan, dan juga mendapat respon positif sehingga tadi mereka katakan bahwa akan melihat dari load faktornya penumpang dulu," jelas Budiarsa.

"Kira-kira akan cukup untuk segera diproses dan pengembangannya dibuat seperti halte terlebih dahulu. Karena katanya memang tahapannya seperti itu, biasanya dari halte dulu dan kemudian menjadi stasiun. Tapi kita masih mengkaji apakan akan langsung (dibuat) stasiun atau halte dulu," imbuhnya.

Di hari yang sama, dirinya juga sempat mendampingi Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, yang mengecek langsung pembangunan Stasiun Citeras. Setelah itu, Budi langsung memantau prasarana Sport Club yang saat ini sedang dalam pengerjaan di sekitar kawasan Citra Maja Raya.

"Khusus kunjungan ini, beliau (Menhub) meninjau kerja sama antara Pemda Banten, Kemenhub dan pengembang, terkait infrastruktur," ujarnya.

Budiarsa menambahkan, bahwa rencana tersebut memang sangat mungkin dilakukan, karena saat kunjungan ke Stasiun Citeras bersama Menhub, ia melihat ada yang berhenti dari dua arah dengan dipenuhi penumpang.

Sebagai informasi, Ciputra Group terus mengembangkan proyek dari total lahan di Citra Maja Raya seluas 2.600 hektare.


Ciputra Group sudah mengembangkan tahap I sejak 2015 seluas 430 hektare dengan total 7000 unit rumah. Selanjutnya, pengembangan tahap II seluas 300 hektare dengan total sekitar 6.500 unit rumah. Total rumah ada 13.500 unit dengan 27 klaster.

Selain itu, dalam waktu dekat ini, Ciputra Group akan merilis klaster ke 28 dengan hunian bergaya bali. Selanjutnya pengembangan akan terus dilakukan seperti pembangunan sarana ibadah, water park, pasar modern, theme park, hingga Eco Plaza pusat komersil yang dilengkapi dengan CGV Cinema, supermarket, kafe, restoran dan retail outlet.

"Kita segera bangun berbagai prasarana itu, karena memang kita melihat kebutuhan penghuni dirasakan sudah perlu untuk hal-hal seperti itu. Karena kan lokasinya bisa dibilang lingkungannya belum ramai ya, jadi kebutuhan dasar itu kita ingin penuhi, agar tidak semua kegiatan itu harus pergi ke luar. Jadi ada kegiatan yang bisa dipenuhi di dalam kawasan," pungkasnya.


Tonton juga 'Netizen Takjub Lihat Penampakan Stasiun Senayan MRT Jakarta':

[Gambas:Video 20detik]

(idr/zul)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed