Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 19 Nov 2018 18:40 WIB

Duet Bakrie-Anies Rombak Kawasan Rasuna

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: M Iqbal Foto: M Iqbal
Jakarta - PT Bakrieland Development Tbk (ELTY) mengumumkan akan menggarap proyek besar dengan membangun ulang kawasan Rasuna Epicentrum. Dalam mengerjakan proyek itu, perusahaan akan bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang dipimpin Anies Baswedan.

Presiden Direktur ELTY Ambono Janurianto menjelaskan, proyek yang bernama re-Development Gelanggang Mahasiswa Soemantri Brodjonegoro (GMSB) dan Plaza Festival memiliki luas 9,5 hektar. Kawasan ini akan dibangun kembali dengan konsep mixed use dan transit oriented development (TOD).

"Ini mungkin proyek terbesar di Jakarta. Dengan konsep tengah ada kawasan hijau 2 hektar," ujarnya di Hotel Aston Rasuna, Jakarta, Senin (19/11/2018).

Ambono menjelaskan, proyek ini akan dilakukan dalam beberapa tahap. Tahap pertama akan dibangun apartemen kelas menengah sekitar 3 ribu unit, universitas, area olahraga, hotel bintang 3 dan ruang terbuka hijau.


Untuk fase 1 diperkirakan membutuhkan dana sekitar Rp 1 triliun yang akan berasal dari pendanaan. Oleh karena itu perusahaan membutuhkan ekuitas sekitar Rp 300 miliar.

"Apakah fase pertama jadi 1 tahun? Tidak. Fase pertama akan jadi minimal 30 bulan," ujarnya.

Sebagai bentuk kerjasama, hunian apartemen nantinya diperuntukkan bagi PNS Pemprov DKI Jakarta. Harga yang ditawarkan ditegaskan Ambono akan terjangkau.

"Itu harus mengakomodasi karyawan DKI kalau bisa beli di situ. Nilainya mungkin Rp 400-500 juta per unit di tengah kota," tambahnya.

Untuk fase 2 perusahaan akan membangun pusat perbelanjaan, sport hall, hotel bintang 3, convention center dan fasilitas umum lainnya.

(das/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed