Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 22 Nov 2018 13:46 WIB

Pengembang: Dulu Jual 3 Rumah dalam Sehari, Kini 3 Hari Cuma 1

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Rengga Sancaya Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Pengembang properti yang tergabung dalam Real Estate Indonesia (REI) menyampaikan sulitnya menjual rumah saat ini. Jika dulu bisa menjual 3 unit dalam sehari, sekarang butuh waktu 3 hari untuk menjual 1 unit rumah.

"Kalau dulu sehari bisa jual 3 unit, sekarang bisa 3 hari sekali baru bisa jualan 1 unit," kata Ketua Umum DPP REI DKI Jakarta Amran Nukman di Rakerda REI DKI Jakarta di JS Luwansa Hotel, Jakarta, Kamis (22/11/2018).

Meski penjualan rumah sedang sulit, dia masih memperkirakan tahun depan bisa tumbuh sekitar 5-7%. Sementara tahun ini diperkirakan landai.


"Prediksi kami tahun ini landai landai saja kenaikannya. Kalau 2019 mungkin naik tapi 5-7 persenan, masih 1 digit ya. Jadi memang kami optimis ini akan tetap bergerak, namun pertumbuhannya tipis sekali," sebutnya.

Saat ini yang bisa diharapkan pengembang adalah menjual rumah di kisaran Rp 500 juta ke bawah.

"Yang masih bisa diharapkan itu di harga Rp 500 juta ke bawah. Di mulai dari rumah sangat sederhana, untuk MBR itu Rp 150 jutaan, sampai Rp 300 juta, Rp 400 juta, Rp 500 juta lah masih bisa," paparnya.



"Bagi anggota kami yang jual di harga harga segitu masih bisa jualan, tapi memang penjualan tidak terlalu banyak," tambahnya.


Tonton juga 'Pemburu Rumah Murah Wajib Datang ke IPEX 2018':

[Gambas:Video 20detik]

(zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed