Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 17 Jan 2019 13:55 WIB

Pengembang Harus Tahu, Ini Rumah Idaman Milenial

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Dok. AKI Group Foto: Dok. AKI Group
Jakarta - Meski dianggap lebih senang menghabiskan uang untuk jalan-jalan, milenial juga membutuhkan tempat tinggal. Ada beberapa kriteria hunian yang dibutuhkan milenial, yaitu lokasi, sarana infrastruktur, dan akses ke transportasi publik.

"Ini informasi sangat penting karena pencari properti ada 3 hal yang sangat penting saat mereka mau beli rumah. Satu adalah lokasi, kedua sarana infrastruktur, ketiga akses ke public transportation," kata Country Manager Rumah. com Marine Novita dalam sebuah diskusi di Jakarta, Kamis (17/1/2019).

Tak sedikit pengembang yang membangun hunian di daerah penyangga Jakarta agar harganya terjangkau buat milenial. Tapi jika akses transportasinya tidak memadai, milenial tidak akan melirik.

"Kalau ngomongin milenial itu daya kemampuan belinya berapa sih. Makanya sekarang teman teman developer cukup pintar bangun projek projek di sekitar Jakarta bukan Jakartanya. Harapannya bisa rangkul teman-teman milenial," ujarnya.


Bagi milenial, jika akses transportasinya baik, lokasi hunian agak jauh dari Jakarta masih bisa dipertimbangkan.

"Harapannya oke jauh sedikit dari Jakarta, selama ada akses transportasi publik, bisa digunakan untuk ke Jakarta, mereka akan beli properti tersebut untuk mereka tinggal nantinya," jelasnya.

Disamping itu, peran pemerintah juga penting. Pasalnya berdasarkan survei Rumah.com, milenial masih mengaku keberatan soal uang muka (DP) kredit kepemilikan rumah (KPR), walaupun sudah ada kelonggaran LTV.



Selain DP, bagi milenial belum cukup mudah untuk mendapatkan pembiayaan kepemilikan rumah.

"Setelah kita tanya kenapa belum puas sama iklim properti saat ini, salah satu kendala mereka beli properti itu DP. Kedua, kemudahan mendapat pembiayaan. DP sudah dijawab sama kelonggaran LTV, tapi proses dapat KPR masih sulit," tambahnya. (zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com