Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 21 Jan 2019 19:11 WIB

Siapa yang Bisa Beli Rumah DP Rp 0 Anies di Pondok Kelapa?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Foto: Herdi Alif Al Hikam Foto: Herdi Alif Al Hikam
Jakarta - Program Rumah DP Rp 0 di Pondok Kelapa, Jakarta Timur telah dibuka pendaftarannya. Hingga kini, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sedang menyeleksi penerima unit rumah tersebut.

Dari 2.400 orang yang mendaftar, pihak Pemprov akan menyeleksi 780 orang untuk mendapatkan unit Rumah DP Rp 0 di Pondok Kelapa atau Klapa Village. Lalu seperti apa kriteria penerima rumah tersebut?

Kepala UPT Rumah Dp Rp 0, Zikran Kurniawan memaparkan beberapa kriteria pendaftar yang akan menerima unit rumah tersebut. Salah satunya adalah warga yang berpenghasilan cukup.


"Orangnya itu sudah menikah dan belum memiliki rumah, terus punya penghasilannya di bawah Rp 7 juta. Nah penghasilan ini yang jadi perhatian kita, kita mau yang terpilih itu orang yang membutuhkan dan yang jelas mampu untuk membayar," kata Zikran, saat dihubungi detikFinance, Senin (21/1/2019).

Menurutnya, untuk syarat penghasilan tersebut pihaknya akan hati-hati dalam menyeleksi pendaftar. Dia tidak ingin salah sasaran dalam memilih penerima Rumah DP Rp 0.

"Kita mau hati-hati nggak mau salah sasaran, makanya kita seleksi ketat bareng perbankan juga sebagai pemberi kredit. Jangan sampe udah dapat kredit, dia nggak bisa bayar," tutur Zikran.


Selanjutnya, Zikran juga menuturkan bahwa penerima Rumah DP Rp 0 ini harus sudah tinggal di Jakarta selama 5 tahun. Lalu, juga harus bisa melengkapi persyaratan administratif kependudukan DKI Jakarta.

"Yang pasti orang Jakarta dan tinggal di Jakarta ya. Dari awal pendaftaran kan jelas syaratnya juga harus punya KTP sama KK Jakarta, terus tinggal di Jakarta minimal 5 tahun," kata Zikran. (zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed