Milenial Dominasi Penyaluran KPR 2018

Herdi Alif Al Hikam, Saifan Zaking - detikFinance
Kamis, 24 Jan 2019 13:41 WIB
Foto: Tim Infografis: Luthfy Syahban
Jakarta - Generasi milenial berusia 26-35 tahun mendominasi penyaluran Kredit Pemilikan Rumah (KPR) sepanjang tahun 2018. Demikian seperti tercatat dalam laporan Bank Indonesia (BI) yang ditayangkan dalam diskusi bertajuk Property Outlook 2019 di JS Luwansa Hotel, Jakarta, Kamis (24/1/2019).

"Berdasarkan usia debitur yang memilih KPR usia muda (26-35) ini sudah mulai meningkat dominasinya kalau dilihat grafiknya, dari 2014 sampai 2017 pangsanya terus meningkat," kata Manajer Departemen Kebijakan Makroprudensial Bank Indonesia Bayu Adi Gunawan dalam paparannya pada diskusi tersebut.




Bayu menyebut, generasi milenial lebih memilih desain rumah tipe 22/70, yang berbentuk rumah tapak maupun rumah susun (rusun).

"Di tipe mana anak-anak muda ini memiliki KPR, mereka menguasai di tipe 22/70, mau rumah tapak maupun pangsa rusun," terangnya.

Lalu, untuk pengajuan KPR pada rentang usia 36 tahun hingga 45 tahun terlihat mengalami penurunan.

"Sedangkan yang umur 36 tahun sampai 45 tahun pangsanya mulai menurun," tutupnya.




Sayangnya, besarnya potensi milenial tersebut belum dimanfaatkan dengan baik oleh pelaku industri properti.

Country General Manager Rumah123.com, Ignatius Untung berpendapat, pelaku usaha sektor properti kurang memperhatikan psikologi milenial dalam pemasaran produknya.

"Risikonya kalo nggak ngerti milenial kita nggak bisa jualan, penting sekali memahami milenial sebagai kelompok terbesar," ungkap Untung. (dna/dna)