Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 25 Jan 2019 15:00 WIB

Benarkah Proyek 'Hunian Nempel Stasiun' Dimonopoli BUMN?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Foto: Sylke Febrina Laucereno Foto: Sylke Febrina Laucereno
Jakarta - Pebisnis properti mengeluhkan pengembangan proyek hunian nempel stasiun berkonsep Transit Oriented Development (TOD). Menurut para pengembang swasta, hunian TOD proyeknya masih dikuasai BUMN.

Benarkah proyek TOD dimonopoli BUMN?

Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian Pembangunan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Khalawi Abdul Hamid menepis keluhan tersebut. Menurutnya, pihak BUMN hanya menjadi pemicu berjalannya proyek tersebut, justru Khalawi menegaskan pemerintah mau swasta ikut ambil peran.

"Itu sudah berkali-kali saya sampaikan, saya ulang lagi ya nggak ada itu (monopoli proyek TOD oleh BUMN), nggak bener itu ya justru kita mau swasta ikut ada peran serta juga, pemerintah justru maunya membina dan mendorong swasta di depan," ungkap Khalawi kepada detikFinance, Jumat (25/1/2019).




Khalawi menjelaskan karena proyek TOD ini merupakan jenis hunian baru, maka BUMN ditugaskan sebagai pemicu. Bahkan, untuk memancing swasta ikut serta.

"Sekarang itu TOD kan baru dirintis ya, BUMN itu trigger aja pemicu untuk memancing semua tertarik (menggarap proyek TOD), termasuk swasta tertarik. Justru kita mengharapkan peran swasta dalam hal ini," kata Khalawi.

Justru Khalawi menyebutkan sudah ada pengembang swasta yang menyatakan minatnya untuk proyek TOD. Salah satunya, dia menyebutkan pengembang Sinarmas sudah berminat untuk hal tersebut.

"Sinarmas udah menyatakan minatnya lho. Swasta lain juga udah banyak yang minat saya lupa saya inget Sinarmas aja," kata Khalawi.




Sebelumnya, dalam acara Property Outlook 2019 di JS Luwansa Hotel, pengembang properti Real Estate Indonesia (REI) menyatakan proyek hunian TOD dikuasai BUMN.

"TOD itu kontraktornya hampir keseluruhan BUMN, sehingga di sekitar itu, properti dikuasai juga lahannya oleh BUMN," ujar Sekjen REI Paulus Totok Lusida. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed