Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 27 Jan 2019 10:40 WIB

Jika Tak Dikebut, Sertifikat Tanah di RI Selesai 160 Tahun Lagi

Hendra Kusuma - detikFinance
Halaman 1 dari 4
Foto: Presiden Jokowi saat membagikan 2.500 sertifikat tanah di Alun-alun Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur (Charolin Pebrianti-detikcom). Foto: Presiden Jokowi saat membagikan 2.500 sertifikat tanah di Alun-alun Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur (Charolin Pebrianti-detikcom).
Jakarta - Pemerintahan kabinet kerja kini sedang mengejar pemberian sertifikat hak atas tanah untuk masyarakat. Pasalnya, dari 126 juta bidang tanah baru 46 juta bidang sudah dapat sertifikat, sisanya belum.

Istilah kejar setoran pemerintahan kabinet kerja soal sertifikat tanah masyarakat pun bukan tanpa alasan. Pemerintah sengaja memberi target setiap tahunnya.

Sejak 2017, sudah ada 5,4 juta sertifikat yang diserahkan. Pada tahun 2018, dari targey 7 juta berhasil direalisasikan 9,4 juta, dan pada tahun ini ditargetkan 9 juta sertifikat.

Adapun, jika tidak ada target yang pasti maka Badan Pertanahan Nasional (BPN) hanya menerbitkan 500.000 sertifikat setiap tahunnya. Untuk mengejar 80 juta bidang tanah sisanya membutuhkan waktu yang cukup lama. (hek/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed