Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 04 Feb 2019 15:06 WIB

Hunian untuk PNS, TNI dan Polri Diprioritaskan Rumah Susun

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Hasan Alhabshy Foto: Hasan Alhabshy
Jakarta - Ketua Umum REI Soelaeman Soemawinata mengatakan pembangunan rumah untuk aparatur sipil negara (ASN), prajurit TNI, dan anggota Polri akan dilakukan di seluruh wilayah Indonesia. Dia bilang Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) meminta hunian yang dibangun akan diprioritaskan berbentuk vertikal atau ke atas.

"Seluruh Indonesia, lokasinya kita harus cari yang terbaik dengan dekat public transport, dan tadi Pak Wapres meminta difokuskan prioritas yang vertikal yang dekat ke tempat kerja, dan efisiensi biaya, dari sisi keamanan juga lebih terjamin," kata Soelaeman di Kantor Wapres, Jakarta, Senin (4/2/2019).

Pria yang akrab disapa Eman ini menyebutkan pemerintah masih melakukan penyusunan aturan baru skema pembiayaan rumah untuk ASN, prajurit TNI, dan anggota Polri.



Sampai saat ini, kata Eman, para abdi negara bisa menikmati fasilitas pemerintah melalui skema pembiayaan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Khusus ke depannya, REI mengusulkan adanya fasilitas tertentu yang bisa didapat para ASN, prajurit TNI, anggota Polri untuk memiliki rumah. Adapun usulan yang sudah disampaikan adalah pengurangan beban PPN, menghilangkan BI checking, membolehkan rumah kosong.

Dalam pelaksanaannya, kata Eman, pihak pengembang akan menyediakan lahan jika memang mendapat tugas membangun rumah dengan skema pembiayaan khusus ASN, prajurit TNI, dan anggota Polri.

"Kalau kita setiap tahun membuat land bank, dengan adanya market baru maka bisa cepat," ujar dia.

(hek/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed