Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 01 Mar 2019 16:41 WIB

Jokowi Bagi-bagi Sertifikat Tanah Wakaf di Gorontalo

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Hendra Kusuma Foto: Hendra Kusuma
Gorontalo - Saat melakukan kunjungan kerja di Provinsi Gorontalo, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan 34 sertifikat tanah wakaf. Penyerahan diserahkan kepada 13 orang secara simbolik di Masjid Baiturrahman Limboto.

Jokowi mengatakan, penyerahan sertifikat hak atas tanah wakaf ini ke depannya mampu meminimalisir persoalan sengketa lahan.

"Kenapa sertifikat wakaf ini dibagikan, setiap saya masuk ke desa, ke kampung, di luar Jawa maupun Jawa, selalu yang masuk ke telinga kita sengketa lahan, sengketa lahan, tidak hanya tanah pribadi, tapi tanah wakaf," kata Jokowi di Kota Gorontalo, Jumat (1/3/2019).

Jokowi mencontohkan, ada salah satu masjid besar di DKI Jakarta yang pada akhirnya sengketa. Persoalannya dipicu karena masjid yang sudah ada sejak dulu kini memiliki harga jual tanah ratusan juta rupiah per meter.

Untuk mengatasi masalah sengketa, Jokowi meminta kepada Menteri ATR Sofyan Djalil untuk mempercepat penyerahan sertifikat tanah wakaf ini.


"Masih banyak tanah 70 juta bidang yang wakaf yang harus disertifikatkan," jelas dia.

Sebanyak 12 sertifikat yang diserahkan secara simbolik yaitu untuk Mushola Al Amanah seluas 337 meter. Taman Pengajian Al Quran Rauda Al Insan seluas 82 meter. Madrasah Diniyah seluas 85 meter. Masjid Darul Jalal seluas 649 meter. Masjid Nurul Ilahi seluas 887 meter.

Selanjutnya, Ponpes At-Tanwir seluas 7.219 meter. Masjid Nur Ibnu Hamzah seluas 288 meter. Masjid Sabilunnajah seluas 1.105 meter. Masjid Almuhajirin seluas 274 meter. Pesantren Al Quran seluas 8.151 meter. Bangunan Masjid Darussalaam seluas 517 meter. Bangunan Masjid Jabal Nur 3.870 meter.

Setelah itu, Jokowi dan rombongan pun langsung menuju Universitas Muhammadiyah Gorontalo untuk meresmikan rumah susun (rusun) untuk para mahasiswa.

Jokowi melakukan pengecekan ditemani oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie.

"Itu rusun untuk kampus Muhammadiyah, sama seperti rusun Ponpes," kata Basuki.

(hek/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed