Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 16 Apr 2019 13:48 WIB

Bukan Sekadar Taman, Halal Park akan Jadi Pusat Wisata Halal RI

Vadhia Lidyana - detikFinance
Foto: Suasana Halal Park di GBK, (Vadhia Lidyana/detikFinance) Foto: Suasana Halal Park di GBK, (Vadhia Lidyana/detikFinance)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini meresmikan Halal Park yang berlokasi di komplek Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Selatan. Halal Park ini akan menjadi pusat komunitas halal yang dapat dinikmati oleh semua orang.

detikFinance berkesempatan menyambangi lokasi tersebut. Untuk mengaksesnya lebih mudah melalui pintu 11 GBK di seberang Hotel Mulia Jakarta. Halal park dilengkapi oleh berbagai stand yang menjual aneka ragam makanan halal, dan busana muslim. Selain itu, halal park juga dilengkapi dengan sarana bermain untuk anak-anak.

Di halal park juga tersedia tempat beribadah atau musala. Sehingga pengunjung tak perlu jauh2 untuk melaksanakan ibadah shalat.


Sejauh ini, booth-booth atau gerai halal park dibangun dengan konsep kios-kios yang bentuknya sederhana. Di halal park ini kurang lebih ada 25 tenant fashion dan kuliner.

Beberapa merk yang membuka stand di Halal Park untuk kategori busana muslim, yaitu Hijup, Vivi zubedi, Jenahara, kami, Diario, Kimi, Naia, l'mira, Zeesalicious, Femme, Button Scarves, NRH X Nabila, dan sebagainya. Di mana beberapa di antara jajaran merek tersebut merupakan merek lokal.

Untuk kategori kuliner, di antaranya adalah Mie Aceh Seulawah, Bread Life, Flip Burger, Tuku, Donut Gemes, dan sebagainya.

Selain itu, ada juga rumah kreatif yang berisi umkm/mitra usaha binaan beberapa perusahaan BUMN, di antaranya adalah BTN, BRI, Pertamina, Telkom Indonesia, BNI, dan Bank Mandiri.

Tak berhenti sampai di sana, Halal Park ini nantinya juga akan dikembangkan menjadi Halal District. Halal District akan memiliki fasilitas yang lebih lengkap yakni exhibition hall dan kawasan wisata kuliner atau busana muslim dengan dua bangunan utama yang memiliki 3 lantai dan 4 lantai.


Luas halal district yg akan dibangun mencapai 21.000 m persegi.

Kawasan Halal District nantinya akan dibuat dengan konsep islam yg dikolaborasikan dengan budaya Indonesia. Sehingga ada akulturasi budaya. Nantinya, atap halal district dibentuk seperti rumah gadang dan akan diberi ukiran seperti kain songket. Untuk bangunannya akan mengkolaborasi ukiran khas timur tengah dengan batik dari Indonesia.

Halal park ini nantinya akan dibangun menjadi sebuah kawasan wisata halal di pusat Jakarta yang akan dinamai Halal District. Nantinya, halal park juga akan dilengkapi dengan museum, agen pariwisata halal, co working space dan sebagainya.



Tonton juga video Bersantai di Taman Kota Gratis dan Terbesar di Dunia:

[Gambas:Video 20detik]

(dna/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed