Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 23 Apr 2019 16:03 WIB

Demi Gratiskan PBB Guru hingga Pejuang, Anies Putar Otak

Zunita Putri - detikFinance
Foto: Agung Pambudhy Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan memperluas kebijakan pembebasan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dengan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) di bawah Rp 1 miliar. Perluasan kebijakan yang dimaksud ialah menggratiskan PBB untuk guru hingga para pejuang.

Penggratisan PBB akan memberi dampak pada pendapatan daerah. Sebab itu, Gubernur DKI Jakarta Anies akan mencari sumber pendapatan dari kegiatan lain.

"Tentu ada (dampaknya), itu sebabnya kita harus genjot dari kegiatan yang memiliki nilai tambah," kata Anies di Balaikota Jakarta, Selasa (23/4/2019).


Anies mengatakan, salah satu cara untuk menggenjot penerimaan ialah melakukan pendataan kembali objek pajak. Sehingga, dengan objek pajak yang lebih akurat maka pendapatan dari pajaknya bisa meningkat.

"Kenapa kita lakukan pendataan ulang? Karena banyak objek pajak kita yang infonya nggak lengkap. Misalnya, gedung dihitung per lantai 1.000 meter, kenyataannya bisa jadi 1.200 meter nah itu yang kita sedang lakukan dengan cara seperti itu Insya Allah pendapatan pajak jadi lebih banyak," ujar Anies.

Anies pun meluruskan kabar jika PBB untuk NJOP sampai Rp 1 miliar dihapus. Anies mengatakan, justru saat ini sedang disiapkan aturan untuk mengakomodir kebijakan gratis PBB untuk guru hingga pejuang.


"Sudah, sudah, saya sebetulnya nggak mau umumin sekarang tapi karena dibalik-balik jadi diumumin sekarang. Pergubnya sudah diproses, semula saya nggak mau umumkan Anda tahu kebiasaan saya sampai selesai baru diumumkan tapi karena diplesetkan sekarang saya lempengkan dan saya tunjukkan bahwa bukan dikurangi malah justru mau ditambah, jadi guru itu semua lah," tutupnya.


Tonton video Mulai Tahun Ini Veteran Bebas dari Pajak Bumi dan Bangunan:

[Gambas:Video 20detik]


Demi Gratiskan PBB Guru hingga Pejuang, Anies Putar Otak
(zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com