Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 25 Apr 2019 19:35 WIB

Anies Gratiskan PBB, Pengamat: Kebijakannya Oke, Asalkan...

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Ilustrasi permukiman di DKI/Foto: Agung Pambudhy Ilustrasi permukiman di DKI/Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memperluas kebijakan pembebasan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Pembebasan PBB semula mencakup Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) sampai dengan Rp 1 miliar, kini berkembang untuk guru, pensiunan PNS, mantan presiden, hingga pejuang.

Kebijakan tersebut dimuat dalam Peraturan Gubernur Nomor 42 Tahun 2019 dan diteken Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Pengamat kebijakan publik Agus Pambagio menilai, kebijakan Anies Baswedan positif asalkan verifikasi datanya benar.


"Buat saya kebijakannya Oke-lah, asalkan verifikasi datanya benar," kata Agus kepada detikFinance, Kamis (25/4/2019).

Agus menerangkan masih ada pejuang yang tinggal di kawasan mahal. Padahal, pendapatan mereka tidak ada. Hal itu membuat mereka kesulitan membayar pajak.

"Karena para pejuang itu yang masih tinggal di Menteng, Kebayoran di daerah mahal sudah kesulitan membayar, sementara pendapatan tidak ada. Kalau nggak salah sampai 3 generasi," ujarnya.

"Karena mereka telah berjasa pada bangsa ini, kota ini, kan pernah memimpin menurut saya fair-fair saja kalau dikasih pengecualian," tambahnya.


Verifikasi data, lanjutnya, perlu dilakukan agar tidak dimanfaatkan orang.

"Verifikasinya harus jelas, karena kalau tidak dimanfaatkan orang, karena ada juga sudah dijual tapi mungkin belum balik nama," ujarnya.

Agus menambahkan berkaitan verifikasi data, hal itu menyangkut institusi lain. Dia mengatakan, perlu juga menimbang aspek biaya.

"Juga harga itu diverifikasi dulu oleh BPN (Badan Pertanahan Nasional), karena yang punya hak menetapkan pengukuran BPN, apakah Gubernur akan minta BPN mengukur ulang misalnya, kalau mengukur ulang biaya siapa itu kan belum jelas detailnya," tutupnya. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com