Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 02 Mei 2019 16:37 WIB

JORR 2 Segera Operasi, Lahan Dekat Gerbang Tol Diburu Pengembang

Zulfi Suhendra - detikFinance
Foto: Dok. Kementerian PUPR Foto: Dok. Kementerian PUPR
Jakarta - Bukan hal yang baru bahwa pembangunan infrastruktur jalan tol bisa menggairahkan bisnis lain di sekitarnya, terutama proyek properti. Salah satunya adalah kehadiran jalan tol Jakarta Outer Ring Road (JORR2) yang sejumlah ruasnya bakal rampung tahun ini.

Tol JORR 2 yang ditargetkan beroperasi tahun ini adalah tol Kunciran-Serpong dan Cinere-Serpong yang ditargetkan beroperasi Juni 2019. Diyakini kedua tol tersebut bakal menggairahkan sektor properti di sekitarnya.

Associate Director Research Colliers International Indonesia, Ferry Salanto, menilai faktor potensial yang dimiliki Serpong menjadi salah satu penyebab kawasan ini masih terus diminati para pencari properti.

"Imbas pesatnya pertumbuhan di Serpong, mendorong pengembang untuk menggarap proyek-proyek propertinya di kawasan ini. Apalagi Serpong didukung oleh prasarana publik lengkap seperti rumah sakit kelas menengah atas, pusat perbelanjaan ternama, serta sekolah skala internasional," kata Ferry dalam keterangannya, Kamis (2/5/2019).


Ferry mempelajari, ditinjau dari beberapa aspek, Serpong punya potensi hingga menjadikannya area favorit bagi konsumen properti. Secara geografis, Serpong berada di antara Jakarta Selatan dan Kabupaten Bogor, yang mana kedua wilayah tersebut juga tengah aktif membangun infrastruktur.

"Tak hanya itu, pertumbuhan bisnis komersial dan area perkantoran yang stabil di Jakarta Selatan, mau tidak mau mendorong para pekerja untuk mencari hunian yang tidak terlalu jauh dari tempat kerja, di samping harga yang lebih terjangkau. Dan Serpong kerap jadi incarannya," tuturnya

Hal ini dimanfaatkan dengan baik oleh sejumlah pengembang properti. PT Hong Kong Kingland menyambut baik proyek yang segera rampung tersebut. Pengembang ini juga akan mengebut proyek aparemen Kingland Avenue di Serpong dengan menggandeng PT Totalindo Eka Persada, Tbk sebagai kontraktor utama (main contractor).


Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Totalindo Eka Persada, Tbk Donald Sihombing mengaku bangga dapat bekerja sama dengan perusahaan pengembang properti kelas internasional PT Hong Kong Kingland. "Kerja sama ini merupakan suatu kehormatan sekaligus kebanggaan bagi kami. Untuk itu, kami berkomitmen menyelesaikan pengerjaan konstruksi Apartemen Kingland Avenue dengan berkualitas, tepat waktu, serta ramah lingkungan," ungkap Donald.

General Manager Kingland Avenue Karsan Feng mengatakan, proyek ini dikembangkan dalam area seluas 2,2 hektar, terdiri dari 5 tower apartmen dan satu life style plaza.

Seperti diketahui, ruas tol Serpong-Cinere, progres seksi Serpong IC-Pamulang IC sepanjang 6,5 km adalah 66,06% dan ditargetkan selesai pada Maret 2019. Sedangkan progres seksi II Pamulang IC-Cinere IC sepanjang 3,64 km adalah 32,92% dan ditargetkan selesai pada Juni 2019.

Kemudian ruas tol Kunciran-Serpong yang terdiri dari 2 seksi ditargetkan rampung Juni 2019. Saat ini progres masing-masing, untuk seksi I Kunciran-Parigi sepanjang 6,72 km mencapai 86,67%, seksi II Parigi-Serpong sepanjang 4,42 km mencapai 88,07%. (zul/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed