Apa Saja yang Akan Ada di Ibu Kota Baru RI?

Vadhia Lidyana - detikFinance
Sabtu, 04 Mei 2019 13:20 WIB
Ilustrasi/Foto: Mindra Purnomo
Jakarta - Rencana pemindahan ibu kota baru sudah disiapkan. Desain awal atau kajian yang diperlukan sudah dipresentasikan oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas dalam rapat terbatas (ratas) dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pekan ini.

"Kajiannya sudah ada dari Bappenas untuk segala keperluan pemindahan ibu kota," ungkap Staf Khusus Presiden Bidang Ekonomi Ahmad Erani Yustika dalam diskusi di Gado-gado Boplo, Jakarta, Sabtu (4/5/2019).

Lalu, apa saja yang akan ada di ibu kota baru nanti?

Nantinya, dalam rencana ini hanya pusat pemerintahan dan negara saja yang pindah. Sedangkan, untuk pusat bisnis dan keuangan bakal tetap berada di Jakarta.



Oleh karena itu, sarana yang akan disiapkan di ibu kota baru di antaranya adalah kantor-kantor pemerintahan, perumahan aparatur negara, sarana pelayanan sosial dasar seperti sekolah, rumah sakit hingga sarana pelayanan publik lainnya.

"Dalam kajian Bappenas untuk keperluan pemindahan ibu kota yg isinya kantor-kantor, perumahan aparatur pemerintah, sarana pelayanan sosial dasar maupun publik, dan beberapa hal pokok lainnya itu dibutuhkan sekitar 40.000 hektare," kata Erani.

Meski demikian, diharapkan pusat pemerintahan yang baru nanti bisa membawa pemerataan ekonomi baru ke wilayah lain di luar pulau Jawa. Namun tetap saja, ibu kota yang baru tak bakal menjadi 'Jakarta kedua' yang menggabungkan pusat bisnis dan pemerintahan.

"Di lokasi ibu kota yang baru sudah dibuat zonasi, nggak ada tumpang tindih antara beban pemerintahan dan bebas bisnis itu di daerah-daerah sekitarnya, bukan di lokasi ibu kota itu sendiri," kata Erani.

"Harapannya adalah ketika nanti ibu kota berpindah, maka ruang-ruang ekonomi akan terbuka lagi," tambahnya.

(eds/eds)