Konsultasi Properti

img_list
Rumahku.com fb: Rumahku.FansPage twitter: @rumahku Instagram: @rumahkucom Portal Properti No.1
Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 06 Mei 2019 10:43 WIB

Para Gubernur Kumpul Bareng Kepala Bappenas Bahas Ibu Kota Baru

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Foto: Eduardo Simorangkir Foto: Eduardo Simorangkir
Jakarta - Sebanyak empat gubernur yang wilayahnya menjadi calon terkuat lokasi ibu kota baru hari ini berkumpul di Kantor Staf Presiden. Keempat gubernur tersebut adalah Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran, Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor, Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor dan Gubernur Sulawesi Barat Ali Baal Masdar.

Keempat gubernur tersebut hadir dalam diskusi rencana pemindahan ibu kota negara yang dipimpin oleh Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro.

"Kami menyampaikan garis besar mengenai isu pemindahan ibu kota yang sudah dibahas pada ratas minggu lalu," kata Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro di Gedung Bina Graha, Kantor Staf Presiden, Jakarta, Senin (6/5/2019).


Bambang mengatakan rencana perpindahan ibu kota menjadi hal serius yang kini tengah dibahas oleh pemerintah. Isu kesenjangan antara wilayah Jawa dan luar Pulau Jawa yang sangat tinggi menjadi faktor dasar yang membuat perpindahan ibu kota perlu dikaji.

Bambang bilang keseriusan pemerintah mengenai perpindahan ibu kota tertuang dalam rencana panjang jangka menengah nasional 2020-2025 yang fokus dalam pengurangan kesenjangan wilayah. Hal ini terlihat dari PDRB Jawa yang mencakup 58% nasional, dan beban Jakarta sebagai kota yang begitu tinggi dibanding kota-kota besar lainnya di Indonesia.

"Di Indonesia sekarang perbedaan antara Jakarta dan kota lainnya sangat jauh. Jakarta sebagai kota terpadat pertama penduduknya 10 juta, sedangkan yang kedua Surabaya itu penduduknya hanya sekitar 3 jutaan. Bahkan 5 dari 10 kota terpadat itu ada di wilayah Jabodetabek. Jadi kesenjangan antara Jakarta dan di sekitarnya sangat tinggi," katanya.



Tonton juga video Seberapa Urgensinya Ibu Kota Dipindah?:

[Gambas:Video 20detik]


Para Gubernur Kumpul Bareng Kepala Bappenas Bahas Ibu Kota Baru
(eds/ara)
Klik di sini untuk mengirimkan pertanyaan yang ingin dikonsultasikan dengan kami. Konsultasi seputar perencanaan keuangan, properti dan UKM.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed