Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 06 Mei 2019 13:26 WIB

Kepala Bappenas: Ibu Kota Baru Tak Didesain Saingi Jakarta

Nur Azizah Rizki Astuti - detikFinance
Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro/Foto: Grandyos Zafna Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro/Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro menegaskan jika ibu kota baru Indonesia nantinya tidak didesain untuk menyaingi Jakarta. Bahkan, kata Bambang, ibu kota baru hanya didesain untuk menampung 1,5 juta penduduk.

"Yang ingin saya tekankan, ibu kota baru nanti tidak didesain untuk menyaingi Jakarta, tidak didesain untuk sebesar Jakarta. Bahkan dalam skenario kami hanya ada dua pilihan, untuk 1.5 juta (penduduk) atau hanya 900 ribu (penduduk)," ujar Bambang dalam diskusi 'Rencana Pemindahan Ibu Kota Negara' di Kantor Staf Presiden, Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Senin (6/5/2019).

Menurut Bambang, ibu kota baru tidak harus menjadi kota besar. Di kota tersebut nantinya diharapkan dapat menumbuhkan kegiatan ekonomi.

"Jadi ibu kota baru ini tidak harus menjadi kota besar, terlebih adalah dia bisa berfungsi sebagai pusat pemerintahan dan menimbulkan kegiatan ekonomi di wilayah tersebut. Yang tadinya wilayah itu kosong sekarang ada wilayah yang mempunyai pusat pemerintahan," jelasnya.


"Pusat pemerintahan bagaimanapun itu punya kegiatan ekonomi yang tidak kecil. Jadi ada faktor yang menumbuhkan kegiatan ekonomi dari lokasi baru tersebut," lanjut dia.

Bambang menjelaskan Jakarta akan menjadi pusat bisnis dan keuangan. Nantinya, lembaga-lembaga keuangan akan tetap berpusat di Jakarta, sementara pemerintahan akan berpindah ke lokasi ibu kota yang baru.

"Ide ibu kota baru tidak menyaingi Jakarta ini kami tekankan bahwa Jakarta akan tetap menjadi kota pusat bisnis dan keuangan. Jadi BI, OJK, misalkan, itu akan tetap berlokasi di Jakarta. Karena itulah Jakarta sebagai pusat bisnis. Tetapi pemerintahan dalam eksekutif, legislatif, yudikatif, kedutaan juga akan berada di ibu kota baru," pungkasnya.



Tonton juga video Staf Presiden soal Wacana Pemindahan Ibu Kota: Minim Gunakan APBN:

[Gambas:Video 20detik]


Kepala Bappenas: Ibu Kota Baru Tak Didesain Saingi Jakarta
(azr/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com