CONTINUE TO SITE >

Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 09 Mei 2019 12:38 WIB

Pindah Ibu Kota Masuk Program Kerja Pemerintah 5 Tahun ke Depan

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Foto: Pindah ibu Kota Tim Infografis: Mindra Purnomo Foto: Pindah ibu Kota Tim Infografis: Mindra Purnomo
Jakarta - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Bambang Brodjonegoro menegaskan bahwa rencana pemindahan ibu kota akan masuk dalam pembahasan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024.

Meskipun belum tentu masuk dalam Rencana Kerja Pemerintah (RKP) tahun depan, Bambang menegaskan bahwa pembahasan pemindahan ibu kota ini akan masuk perencanaan negara hingga 5 tahun ke depan.

"Yang pasti ibu kota baru ini sudah masuk RPJMN 2020-2024, pelaksanaannya kapan akan disesuakan pelaksanannya pada RKP di tahun yang sesuai," kata Bambang saat ditemui di Musyawarah Perencanaan Pengembangan Nasional (Musrenbangnas) 2020, di Hotel Shangri La, Kamis (9/5/2019).


"Yang pasti ibu kota baru ini sudah masuk RPJMN 2020-2024" Menteri PPN/ Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro
Pemindahan ibu kota baru ini merupakan strategi panjang menurut Bambang. Tujuannya agar Jakarta tidak makin terbebani dan memberikan pemerataan pembangunan.

"Masalah ibu kota baru merupakan strategi jangka panjang kita juga. Tujuan utamanya mengurangi beban Jakarta, dan memberikan kesempatan daerah luar Jawa berkembang lebih cepat," kata Bambang.

Dia mengatakan bahwa pihaknya akan belajar dari banyak pengalaman dalam mengelola kota di dalam negeri. Selain itu, dia mengatakan akan mempelajari keberhasilan maupun kegagalan di negara yang sudah lebih dulu memindahkan ibu kita.

"Kita udah belajar dari kesalahan, kekurangan mengelola kota di Indonesia. Termasuk juga menpelajari keberhasilan maupu kegagalan pemindahan ibu kota di luar negeri,"


Hari ini, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) sendiri menyelenggarakan Musyawarah Perencanaan Pengembangan Nasional (Musrenbangnas) Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2020 di Shangri-La Hotel, Jakarta.

Nantinya beberapa hari ke depan semua kepala daerah akan bermusyawarah bersama kementerian/lembaga untuk merencanakan RPK tahun depan dan RPJMN 2020 hingga 2025.


Jokowi Tinjau Kelaikan Kalteng Jadi Ibu Kota Baru: Nemu Feeling-nya:

[Gambas:Video 20detik]

(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed