Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 13 Mei 2019 13:39 WIB

Selama Puasa, Orang RI Hobi Cari Rumah Lewat Online Setelah Sahur

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Ilustrasi/Foto: Thinkstock Ilustrasi/Foto: Thinkstock
Jakarta - Selama bulan puasa ini, pencarian properti atau rumah lewat internet mengalami peningkatan di waktu-waktu tertentu. Contohnya setelah melakukan sahur.

Head of Real Estate Category OLX Indonesia Ignasius Ryan Hasim mengungkapkan, ada tiga waktu favorit masyarakat Indonesia dalam mencari properti saat Ramadhan. Waktu favorit tersebut antara lain di siang hari, setelah tarawih, dan setelah sahur.

"Jadi di bulan Ramadhan, pembeli mencari rumah itu pada saat sahur, siang hari, dan setelah sahur," katanya di kantor OLX Indonesia, Senin (13/5/2019).


Dari data yang dimilikinya, Ryan mengatakan jam-jam tersebut menjadi waktu orang paling banyak mencari properti. Terdapat peningkatan yang cukup signifikan orang mencari properti di jam-jam tersebut sebelum bulan Ramadhan dan saat Ramadhan.

"Angkanya di hari biasanya 7 Mei, hari ketiga Ramadhan, dengan 30 April, atau seminggu sebelum Ramadhan," jelasnya.

"Ketika Ramadhan di waktu sahur itu mencapai 70.000 pencarian di jam tersebut, sekitar jam 4.00-4.30, dibandingkan hari biasa itu 25.000 pencarian, jadi peningkatannya hampir tiga kali lipat. Ini peningkatan yang paling signifikan," sambung Ryan.


Kemudian untuk di siang hari, dari sebelumnya 125.000 pencarian tentang properti menjadi sekitar 140.000 pencarian di bulan Ramadhan.

"Dan terakhir setelah tarawih, di sekitar atau di atas jam 8.30 itu 140.000 jadi 150.000. Jumlah absolute memang paling tinggi setelah tarawih. Tapi peningkatannya paling tinggi secara persentase setelah sahur," tuturnya. (fdl/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed