Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 13 Mei 2019 14:10 WIB

Ibu Kota Mau Pindah, Pencarian Rumah di Palangka Raya Naik 500%

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Palangka Raya/Foto: Eduardo Simorangkir Palangka Raya/Foto: Eduardo Simorangkir
Jakarta - Pemerintah berencana memindahkan ibu kota dari Jakarta ke luar Pulau Jawa. Salah satu lokasi yang menjadi kandidat ibu kota baru adalah Palangka Raya yang berada di Kalimantan Tengah.

Head of Real Estate Category OLX Indonesia Ignasius Ryan Hasim menjelaskan, rencana yang dihembuskan oleh pemerintah ini juga berdampak terhadap perilaku orang dalam mencari properti atau hunian.

Dia mengungkapkan, pencarian properti atau rumah di Palangka Raya mengalami peningkatan yang sangat signifikan lewat internet. Bahkan, peningkatannya mencapai lima kali lipat.

"Pencarian properti di OLX, untuk Palangka Raya naik 5 kali lipat sejak Presiden Jokowi mengumumkan wacana pemindahan ibu kota," kata Ryan di kantor OLX Indonesia, Jakarta, Senin (13/5/2019).


Ryan mengungkapkan, sebelum Jokowi mengadakan rapat terbatas (ratas) di Istana Presiden, angka pencarian properti di Palangka Raya sekitar 314 setiap harinya. Angka itu kemudian mengalami peningkatan hingga lima kali lipat sehari setelah ratas digelar.

"Kita bandingkan ini antara tanggal 30 April 2019, untuk berapa banyak orang yang mencari properti di Palangka Raya kota, dibandingkan dengan tanggal 25 April, itu di level 314 pencarian, berapa banyak orang yang mencari properti di Palangka Raya setiap harinya," jelas Ryan.

"Mungkin kalau kita bulatkan 300 di hari biasa sebelum ada wacana itu, jadi sekitar 1.500 di tanggal 1 April, satu hari setelah rapat terbatas dilakukan," tuturnya.

(fdl/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com