Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 13 Mei 2019 16:55 WIB

PNS Pusat Diprediksi Pindah ke Ibu Kota Baru Mulai 2024

Trio Hamdani - detikFinance
Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro/Foto: Grandyos Zafna Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro/Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Bambang Brodjonegoro memperkirakan ibu kota baru siap dihuni mulai 2024. Pada saat itu, sekitar 1,5 juta PNS pemerintah pusat bakal meninggalkan Jakarta.

Bambang belum bisa memastikan apakah pemindahan perangkat pemerintahan dilakukan langsung seluruhnya atau bertahap.

"Harapannya 2024 mulai ada aktivitas pemindahan apakah seluruhnya atau sebagian dari Jakarta ke ibu kota baru," kata Bambang di Kantor Staf Presiden, Jakarta, Senin (13/5/2019).


Bambang menjelaskan diproyeksikan seluruh kajian pemindahan ibu kota rampung tahun ini, termasuk lokasinya. Di saat yang sama hingga satu tahun ke depan masalah tata ruang ditargetkan beres.

"Saat yang sama 2019-2020 kita harus selesaikan tata ruang, karena pasti ada perubahan tata ruang. Kalau tadinya misalnya HGU tanah yang sedang dikelola pihak tertentu maka ini harus diubah menjadi wilayah perkotaan," jelasnya.

Jika itu bisa diselesaikan maka infrastruktur dasar ibu kota baru bisa mulai dikerjakan pada 2020. Selanjutnya infrastruktur inti dari pusat pemerintahan bakal digarap mulai dari 2022-2024.


"Nah 3 tahun terakhir 2022-2024 adalah pembangunan konstruksi secara riil terutama selain infrastruktur dasar yang sudah dibangun sebelumnya, kita sudah masuk fase pusat pemerintahannya dan kawasan pendukungnya terutama perumahan, dan juga kebutuhan komersial secara minimum," jelasnya. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed