Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 19 Jun 2019 11:51 WIB

Duh, 81 Juta Generasi Milenial Masih Belum Punya Rumah

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: Tim Infografis: Luthfy Syahban Foto: Tim Infografis: Luthfy Syahban
Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendorong generasi milenial di Indonesia agar mendapatkan hunian yang nyaman. Kementerian menyebutkan diperkirakan ada sebanyak 81 juta milenial di Indonesia yang belum memiliki hunian dan merupakan potensi besar pasar perumahan.

Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid menjelaskan saat ini harga rumah terus mengalami kenaikan. Sedangkan generasi milenial belum mampu untuk mendapatkan hunian tersebut.

"81 juta milenial menunggu dirumahkan (punya rumah). Mungkin nanti jumlahnya akan meningkat lagi. Ini jadi PR yang serius dan tidak main-main ke depan," kata Khalawi dalam acara Indonesia Housing Forum di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Rabu, (19/6/2019).

Adapun generasi milenial adalah generasi yang secara umum lahir antara tahun 1980-an hingga awal tahun 2000-an. Generasi milenial merupakan populasi dengan segmentasi yang luas dan tersebar di setiap kelas sosial dan budaya.

Saat ini jumlah penduduk generasi milenial diperkirakan sebanyak 30% dari jumlah penduduk warga negara Indonesia. Diperkirakan pada tahun 2020, jumlah generasi milenial akan mencapai sekitar 60% dari total populasi penduduk Indonesia.



Pada umumnya, generasi milenial adalah generasi yang lebih memprioritaskan rumah layak huni berkualitas berupa apartemen atau hunian di pusat kota yang terintegrasi dengan simpul transportasi umum dan memiliki kemudahan dalam akses internet.

Oleh karena itu, Khalawi berharap jangkauan Program Satu Juta Rumah kedepannya, harus juga diadaptasikan dengan kebutuhan generasi milenial di Indonesia.

"Saya juga berharap generasi milenial dapat memberikan masukan atas inovasi kebijakan terutama terkait skema penyediaan perumahan yang berguna bagi penyediaan perumahan layak huni untuk MBR dan generasi milenial," katanya.

Sekadar informasi, capaian Program Satu Juta Rumah tercatat pembangunan rumah mulai tahun 2015 sampai 2018 totalnya sebanyak 3.542.318 unit rumah. Pada tahun 2019, Pemerintah menargetkan pembangunan rumah untuk masyarakat sebanyak 1.250.000 unit.



Berapa Harga Baru Rumah Bersubsidi Bebas PPN? Simak Videonya:

[Gambas:Video 20detik]

Duh, 81 Juta Generasi Milenial Masih Belum Punya Rumah
(kil/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com