Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 20 Jun 2019 15:19 WIB

Lippo Mau Bangun Mal di Cikarang, Diklaim Terbesar di RI

Danang Sugianto - detikFinance
Ilustrasi proyek di Meikarta/Foto: Muhammad Abdurrosyid Ilustrasi proyek di Meikarta/Foto: Muhammad Abdurrosyid
Jakarta - Lippo akan membangun mal di Cikarang, Jawa Barat. Mal itu digadang-gadang akan menjadi mal terbesar di Indonesia.

CEO PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) John Riady menjelaskan mal tersebut saat ini masih dalam perencanaan. Targetnya mal itu akan mulai dibangun pada 2020.

"Rencana kami di 2020 akan kembali melakukan pembangunan proyek baru. Satu di antaranya mal di Cikarang," ujar J di Hotel Aryaduta, Jakarta, Kamis (20/6/2019).

Mal itu letaknya berada di kawasan CBD Meikarta, Orange County. Sayangnya John mengaku belum bisa menjelaskan secara detil terkait luas lahan hingga investasinya. Sebab proyek itu masih dalam tahap perencanaan.


Namun dia memberi gambaran, setidaknya mal itu akan lebih besar dari Lippo Mall Puri. John pun memastikan mall itu akan menjadi mall terbesar di Indonesia.

"Jadi pas di sebelah Meikarta. Mal itu akan jadi mal terbesar di Indonesia," tambahnya.

Menurut John proyek mal sebenarnya saat ini masih cukup menjanjikan. Meskipun penetrasi e-commerce cukup besar, dia menilai industri mall masih terus tumbuh.

"Traffic setiap tahunnya naik 20% menurut study. Mall terus tumbuh. Tentu berbeda dengan pusat perdagangan atau trade center seperti ITC," ujarnya.


Menurut John, perkembangan belanja online saat ini hanya menggerus pada pusat perbelanjaan. Sementara mall menurutnya beda kasus.

Mal menurut pandangannya bukan pusat perbelanjaan, melainkan tempat gaya hidup. Masyarakat masih berbondong-bondong datangi mall meski hanya untuk kongkow minum kopi, nonton film ataupun alternatif rekreasi bagi anak.

Oleh karena itu, dia menekankan bahwa mal yang akan dibangun itu memiliki konsep gaya hidup. Lagi pula, kata John, di wilayah Cikarang dan Karawang masih sedikit pasokan mal-nya.

"Cikarang dan Karawang dengan kepadatan penduduk yang penuh tapi belum ada mall yang terbaik. Ada mal Lippo Cikarang tapi itu sudah 20 tahu. Itu mal-nya padat banget," tutur John. (das/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com