Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 25 Jun 2019 19:05 WIB

Ditanya Alasan Beli Rumah Trump, Hary Tanoe: Beli Kok Nggak Boleh?

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: Ari Saputra Foto: Ari Saputra
Jakarta - Pemilik MNC Grup Hary Tanoesoedibjo telah membenarkan bahwa dia membeli rumah mewah milik Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Nilainya cukup besar yakni mencapai US$ 13,5 juta atau setara Rp 193 miliar (kurs Rp 14.300).

Angka itu sendiri disebut-sebut jauh lebih mahal dari harga rata-rata di Beverly Hills, California, AS. Lalu kenapa Hary Tanoe mau?

Ketua Umum Partai Perindo itu tidak secara gamblang menjawab alasannya berkenan membeli rumah Trump jauh di atas rata-rata. Namun dia mengaku tak peduli dengan pandangan tersebut.

"Ya apalah orang ngomong, orang beli kok enggak boleh?" ujarnya di Gedung I News, Jakarta, Selasa (25/6/2019).

Hary pun kembali menegaskan bahwa pembelian rumah mewah punya Trump itu merupakan urusan pribadi bukan bisnisnya. Dia juga sudah mengakui bahwa pembelian menggunakan uang pribadi.



Sekadar informasi, melansir Washington Post, Trump membeli properti itu senilai US$ 7 juta pada 2007. Menurut L.A. County, properti itu pada tahun lalu nilainya mencapai US$ 8,3 juta.

Konstitusi AS sebenarnya melarang presiden menerima hadiah atau pembayaran dari para pemimpin asing. Trump melawan dua tuntutan hukum federal yang mengklaim bahwa dia melanggar larangan itu dengan menerima bisnis dari pejabat asing di perusahaan hotel-hotelnya

Harga jual rumahnya di Beverly Hills senilai US$ 13,5 juta itu kemungkinan akan memperburuk permasalahan etikanya. Properti itu dijual di luar pasar, yang berarti tidak terdaftar untuk dijual di depan umum, dan ahli real estat Beverly Hills mengatakan mereka terkejut dengan tingginya harga itu.

Nilai rumah rata-rata di Beverly Hills telah naik 52% dari US$ 2,3 juta pada awal 2007 menjadi US$ 3,5 juta tahun ini. Sementara Trump menjual rumahnya 93% lebih tinggi dari yang dia keluarkan saat membelinya di 2007.

(das/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com