Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 03 Jul 2019 18:08 WIB

Investor Inggris Ingin Terlibat Pembangunan Ibu Kota Baru RI

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Pindah Ibu Kota Tim Infografis: Nadia Permatasari Foto: Pindah Ibu Kota Tim Infografis: Nadia Permatasari
Jakarta - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Kepala Bappenas) Bambang Brodjonegoro mengungkapkan bahwa investor asal Inggris tertarik untuk terlibat dalam pembangunan pemindahan ibu kota Indonesia yang baru.

Minat investor Inggris, kata Bambang saat melakukan bilateral meeting disela-sela acara Indonesia Infrstructure Investment Forum (IIIF) Tahun 2019 di London, Inggris.

"Jadi mereka sudah aware terhadap pemindahan ibu kota dan sudah mulai kalkulasi kira-kira investasi apa yang mereka bisa terlibat," kata Bambang saat Konfrensi Call, Jakarta, Rabu (3/7/3019).


Bambang mengatakan, saat pertemuan empat mata banyak investor yang menanyakan mengenai progress wacana pemindahan ibu kota Indonesia ke luar Pulau jawa.

"Pertanyaan atau minat terhadap pemindahan ibu kota juga muncul, terutama pada pertemuan yang sifatnya bilateral atau uang one on one, dan interaksi pun muncul tidak hanya dari investor tetapi juga dari konsultan kelas dunia yang kebetulan hadir pada pertemuan kemarin," jelas dia.


Bambang menyampaikan, dalam proses pemindahan ibu kota Indonesia ke luar Pulau Jawa memiliki potensi investasi pembangunan infrastruktur yang sangat tinggi dengan skema kerjasama pemerintah bada usaha (KPBU/PPP) dan pembiayaan investasi non anggaran pemerintah (PINA) alias 100% swasta.

"Jadi PPP ini akan menjadi mainstream atau arus utama nantinya dalam investasi infrastruktur, khususnya jika ibu kota ini dalam tahap pembangunan," ungkap dia.

Simak Video "Realisasi Pemindahan Ibu Kota Didesak Tahun Ini Juga "
[Gambas:Video 20detik]
(hek/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed