Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 05 Jul 2019 14:20 WIB

Pembeli Bebas Pilih Cicilan Rumah DP Rp 0, Tapi...

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Achmad Dwi Afriyadi Foto: Achmad Dwi Afriyadi
Jakarta - Warga DKI Jakarta yang berniat membeli rumah DP Rp 0 bebas memilih unit berikut cicilannya. Meski demikian, bisa atau tidak rumah itu diakses kredit oleh warga tergantung dari UPT maupun Bank DKI.

Kepala UPT Rumah Dp Rp 0, Dzikran Kurniawan menerangkan, pendaftaran untuk verifikasi rumah DP Rp 0 sudah berjalan. Dalam proses verifikasi tersebut, warga yang berminat DP Rp 0 bebas memilih unit dan cicilannya.

Warga yang mendaftar diberikan semacam panduan untuk kredit rumah tersebut.


"Boleh aja (milih), mereka hitung, tapi kan harus menghitung kemampuan dia mencicil. Makanya waktu daftar diberikan simulasi kalau milih yang benar, karena penghasilannya dilihat. Jadi mereka itu sudah bener milih ini, cukup nggak? Kan sudah disampaikan begitu," katanya kepada detikFinance, Jumat (5/7/2019).

Dia melanjutkan, dalam proses verifikasi itu warga yang memilih unit dan cicilannya akan dilihat kemampuannya membayar. Sehingga, yang tidak sesuai, bisa tidak lolos. Apalagi, nantinya bank juga menyeleksi kemampuan warga yang mengakses rumah DP Rp 0.

"Jadi mereka milih saja, kan kita lihat, kan baru peminatan itu kan. Nanti belum tentu bisa nyicil nih, approval ke bank kan prosesnya seperti KPR biasa juga," ujarnya.

"Itu kan indikasi saja, kalau nanti nggak cukup mampu karena proses cicilan banyak juga, sisa uang cuma Rp 1 juta, nggak cukup mampu, mungkin belum teruskan ke bank," tambahnya.


Dia mengatakan, proses seperti demikian dilakukan agar rumah DP Rp 0 tidak salah sasaran. Salah sasaran ada dua, pertama memberikan yang tidak mampu kemudian tidak bisa mencicil.

"Kalau nggak bisa nyicil, jadi masalah perbankan," ujarnya.

Kedua, rumah DP Rp diberikan kepada mereka yang terlalu mampu. Artinya, memiliki penghasilan lebih.

Berikut daftar lengkap cicilan rumah DP Rp 0:


Pembeli Bebas Pilih Cicilan Rumah DP Rp 0, Tapi...


Simak Video "Tertarik Rumah DP 0 Rupiah? Catat Skema Cicilannya!"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed