Lolos Verifikasi Belum Tentu Bisa Dapat Rumah DP Rp 0

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Minggu, 28 Jul 2019 16:34 WIB
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Sebanyak 1.790 warga DKI Jakarta telah lolos verifikasi untuk rumah DP Rp 0 di Pondok Kelapa, Jakarta Timur. Namun, bukan berarti semua yang lolos verifikasi bisa menghuni hunian vertikal tersebut lantaran hunian yang tersedia hanya 780 unit.

Kepala UPT Fasilitasi Pemilikan Rumah Sejahtera, Dzikran Kurniawan menerangkan, setelah verifikasi warga akan menjalani proses pengajuan kredit ke Bank DKI. Pada proses ini, Bank DKI akan melakukan seleksi seperti halnya kredit pemilikan rumah (KPR) pada umumnya.

Artinya, pada proses ini ada warga yang tersisih.

"Nanti kan dianalisis kredit nanti, kita lihat saja yang jelas semua yang lolos merupakan customer samawa. Kalau masalah kredit, ternyata punya rumah menurut hasil analisis BI kan ketahuan punya KPR, nggak bisa. Enggak mampu nyicil karena punya cicilan mobil dan lain-lain berarti tertunda," katanya kepada detikFinance, Sabtu (27/7/2019).


Kemudian, jika sama-sama tidak punya rumah maka dan memenuhi syarat, pemilihan akan dilakukan berdasarkan skala prioritas. Kemudian, yang tidak mendapat akan ditawarkan pada lokasi yang lain.

"Tapi warga yang nggak punya rumah, kalau nggak dapat di sini misalnya kita lihat, tetap warga itu kalau memenuhi syarat terdata kami, email ada, kalau nanti ada unit baru kita informasikan, kalau masih berminat silakan ikut lagi. Datanya kan sudah masuk tinggal update," jelasnya.


"Ya nanti, tentu ada skala prioritas, tetap data menjadi data kita, akan infokan," tambahnya.

Simak Video "Polisi Masih Selidiki Proyek Rumah DP Rp 0 Anies yang Berbau Korupsi"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)