Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 29 Jul 2019 18:41 WIB

'Pulang' ke RI, Raja Properti Australia Garap Proyek Mewah di Ancol

Zulfi Suhendra - detikFinance
Foto: Dok Crown Group Foto: Dok Crown Group
Jakarta - Raja properti di Australia, Iwan Sunito, pulang kampung. Pria asal Surabaya ini menggarap proyek apartemen mewah senilai Rp 7 triliun di Ancol.

Iwan mengatakan proyek prestisius yang berada di Ancol, Jakarta Utara merupakan hunian vertikal pertama yang akan dibangun oleh Crown Group di luar Australia. Dia yakin ini akan jadi masterpiece hunian vertikal kelas dunia.

"Sebuah konsep hunian modern yang akan terdiri dari delapan menara. Salah satu menara tersebut akan menjadi rumah bagi hotel bintang lima dan berdiri tepat di bibir pantai ancol," ujar Iwan dalam keterangannya, Senin (29/7/2019).

Dikatakannya, proyek ini bakal menyerap 5.000 pekerja dalam kurun waktu 8 tahun. Proyek ini merupakan bagian dari proyek strategis global Crown Group yang akan membangun 4 proyek hunian baru di 3 negara berbeda.


"Kami juga sedang menyiapkan proyek lain di atas tanah seluas 12 hektar yang nantinya akan mampu mengakomodir sekitar 6,000 unit apartment. Tentu saja secara konsep akan berbeda dengan proyek hunian vertikal di Ancol karena akan lebih mengusung konsep yang lebih kompak dengan fleksibilitas yang tinggi," jelas Iwan.

Sementara itu, Pengamat properti Indra Utama, mengatakan, proyek ini akan menjadi perhatian, terutama bagi penumpang pesawat yang akan mendarat di Jakarta. Pasalnya, proyek akan terlihat dari udara saat pesawat akan mendarat di Bandara Soekarno Hatta.

"Sebuah proyek strategis yang dibutuhkan oleh kota ini dalam upayanya bertransformasi menjadi sebuah kota megapolitan Dunia," kata Indra.

Senada dengan Indra, Presiden IDN-Global, Mark Gerald Eman, mengungkapkan proyek ini merupakan salah satu bukti nyata dari fungsi utama dari Diaspora, yaitu Connecting The Dots. Para diaspora yang berasal dari Indonesia bisa pulang kampung dalam membangun negaranya tercinta, salah satunya Iwan Sunito.


"Sinergi yang terjadi antara Crown Group dengan PT. Pembangunan Jaya Ancol merupakan sebuah sinergi strategis dalam membantu pengembangan kota Jakarta ke depannya. Di mana para diaspora Indonesia di luar negeri akhirnya pulang kampung untuk membangun kota dan Negara yang kita cintai bersama ini," tuturnya.

Dibangun di atas lahan seluas 4,7 hektar dengan konsep Luxury Water Front Living, hunian vertikal ini merupakan perwujudan dari kawasan waterfront Sydney yang terkenal di dunia seperti darling harbour dan circular quay dalam pembangunan hunian vertikal mixed-use dengan konsep Water Front pertama di Jakarta.

Simak Video "Banyak Karangan Bunga Sindir Ari Askhara, IKAGI: Ekspresi Kekesalan"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com