Urus Kredit, Warga Mulai Berdatangan ke Rumah DP Rp 0 Anies

Vadhia Lidyana - detikFinance
Selasa, 30 Jul 2019 10:57 WIB
Foto: Vadhia Lidyana
Jakarta - Proyek rumah DP Rp 0 pertama yang diusung Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan sudah masuk proses kredit. Warga mulai berdatangan ke lokasi.

Warga Jakarta yang lolos proses verifikasi pengajuan rumah DP Rp 0 berdatangan ke kantor pelayanan rumah DP 0 yang dibangun dengan nama Samawa, di kawasan Pondok Kelapa, Jakarta.

Warga yang ingin menindaklanjuti ke proses permohonan kredit diarahkan menuju meja pendaftaran untuk dipanggil ke proses pengecekan ulang berkas permohonan yang diproses oleh Dinas Perumahan DKI Jakarta. Pada proses pengecekan ulang ini, ada 3 pasang petugas yang siap melayani warga.


Setelah itu, warga dapat lanjut ke ruangan sebelahnya untuk memilih unit rumah susun ini kepada Perumda Pembangunan Sarana Jaya. Ada dua petugas Sarana Jaya yang akan memberikan informasi lengkap mengenai unit yang diminati, seperti luas, fasilitas, harga, dan sebagainya.

Proses terakhir yakni pengajuan kredit. Setelah mengetahui unit yang dipilih, warga dapat menentukan besaran kredit per bulan dan jangka waktu cicilan. Enam orang petugas bank DKI disiapkan untuk melayani permohonan kredit hari ini.


Dari pantauan detikFinance, Selasa (30/7/2019) warga terus menerus berdatangan ke kantor pelayanan ini. Seluruh proses hingga akhir yaitu permohonan kredit tak memakan waktu lama, hanya sekitar 20 menit per orang.

Usai mengurus permohonan kredit, warga akan diberi kabar mengenai lolos atau tidaknya dalam permohonan kredit. Pasalnya, setelah permohonan kredit ini, masih ada seleksi berdasarkan sistem Bank Indonesia (BI) untuk melacak apakah pemohon rumah DP 0 masih ada yang melakukan cicilan seperti KPR (Kredit Perumahan Rakyat), dan lain-lain.

Simak Video "Perjalanan Rumah DP Rp 0 Anies Baswedan"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)