Rumah DP Rp 0 Samping Kuburan, Pembeli: Yang Penting Punya Rumah

Vadhia Lidyana - detikFinance
Selasa, 30 Jul 2019 12:38 WIB
Foto: Rumah DP Rp 0 Pondok Kelapa/ Achmad Dwi Afriyadi, detikFinance
Jakarta - Rumah DP 0 yang dicanangkan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan berlokasi di Pondok Kelapa, Jakarta Timur. Rumah susun yang diberi nama Samawa tersebut lokasinya tepat bersebelahan dengan Taman Pemakaman Umum (TPU) Pondok Kelapa.

Meski begitu, hunian ini tetap dinanti-nantikan para pendaftar. Salah satunya adalah Dedi Suhada. Dedi yang sudah berkeluarga dan memiliki satu anak perempuan ini sedikit merasa takut untuk tinggal di sebelah TPU.

"(Di sebelah TPU) ini masalah sih buat saya juga, takut juga. Sudah begitu saya punya anak perempuan, umurnya baru dua tahun," ungkap Dedi ketika ditemui detikFinance usai mengajukan permohonan kredit rumah DP 0, di Pondok Kelapa, Jakarta Timur, Selasa (30/7/2019).

Namun, Dedi yang membutuhkan tempat tinggal di Jakarta ini harus menghalau perasaan takut tersebut.


"Ya mau bagaimana? Yang namanya butuh tempat tinggal, apalagi Jakarta, tahu sendiri perumahan sekarang berapa harganya," tutur pria yang bertempat tinggal di Depok, Jawa Barat tersebut.

Dedi yang berprofesi sebagai operator di salah satu perusahaan di pelabuhan Tanjung Priok itu mengatakan, selama ini ia tinggal mengontrak di Depok. Sebelumnya, ia masih tinggal di rumah orang tuanya, di Salemba, Jakarta Pusat. Maka dari itu, rumah DP 0 ini sangat dinantikannya.

"Ini jadi rumah pertama buat saya dan keluarga. Sekarang saya mengontrak di Depok. Jadi kalau dapat ini saya nggak perlu mengontrak lagi," terangnya.


Selain itu, ada juga pasangan suami istri yang tinggal di Johar Baru, Jakarta Pusat, Santoso dan Kartika. Pasangan ini sungguh menantikan rumah DP 0 Anies. Pasalnya, selama ini mereka kian berpindah tempat tinggal. Sehingga, tak masalah meski lokasi rumah DP 0 ini bersebelahan dengan TPU. Mereka pun dulu pernah mengontrak dekat dengan makam.

"Ya nggak apa-apa kayaknya. Sudah terbiasa juga. Dulu saya pernah mengontrak juga di Kramat Jati sebelum di Johar Baru. Di Kramat Jati itu depannya makam persis," jelas Santoso yang sehari-hari bekerja sebagai office boy di pusat bimbingan belajar bahasa Inggris itu.

Kemudian, ada juga pasangan suami istri, Arif dan Dian. Kedua pasangan tersebut tak masalah memiliki rumah sebelahan dengan TPU. Pasalnya, pasangan tersebut selama ini tinggal di rumah orang tua dan sangat menantikan hunian pribadi pertamanya.


"Nggak masalah, kan kita calon mati juga. Yang penting punya rumah sendiri, nyaman, aman, ada tempat bernaung lah. Ini kan harapan kita juga punya rumah sendiri di Jakarta. Kita sudah berharap banget," kata Dian.

Dian sendiri hanya berprofesi sebagai ibu rumah tangga setelah memiliki anak kedua dan kini menantikan anak ketiganya. Sedangkan, Arif sehari-hari bekerja sebagai karyawan di sebuah toko sepatu grosir di Jatinegara, tak jauh dari tempat tinggal mereka di kawasan Pisangan Baru.

"Saya ibu rumah tangga saja sejak punya bayi ini anak kedua. Sekarang sudah mau tiga, lagi hamir lima bulan. Kalau bapak sehari-hari karyawan toko biasa saja, toko sepatu grosir di Jatinegara," papar Dian.

Rumah DP Rp 0 Samping Kuburan, Pembeli: Yang Penting Punya RumahFoto: Pemandangan dari rumah DP Rp 0 (Vadhia Lidyana)


Simak Video "Tips Pak Win Supaya Kompetitif di Bisnis Musiman"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)