Jokowi soal Lokasi Ibu Kota Baru: Kalau Sudah Waktunya Saya Umumkan

Hendra Kusuma - detikFinance
Kamis, 01 Agu 2019 11:37 WIB
Foto: Presiden Jokowi (Dok. BPMI)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berjanji akan mengumumkan mengenai kota apa yang akan ditetapkan sebagai ibu kota negara (IKN) yang baru. Pemerintah telah melakukan kajian pemindahan ibu kota negara sudah sejak lama.

Jokowi bilang, sampai saat ini belum ada keputusan kota apa yang akan menjadi pengganti DKI Jakarta sebagai ibu kota Indonesia.

"Belum. Nanti kalau sudah waktunya akan diumumkan," kata Jokowi di Jakarta, Kamis (1/8/2019).

Jokowi bilang, pemerintah saat ini masih harus menyelesaikan kajian dan beberapa persoalan teknis mengenai pemindahan ibu kota negara ke luar Pulau Jawa.

Dia pun belum bisa memastikan kota apa di Kalimantan yang akan menjadi pusat pemerintahan baru. Pulau Kalimantan menjadi calon kuat sebagai ibu kota negara. Apalagi, Jokowi juga pernah mengecek langsung ke beberapa kota di Pulau Kalimantan.


Nama Kalimantan sendiri belakangan ini menjadi yang paling berpotensi setelah, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Kepal Bappenas) Bambang Brodjonegoro menyebut sudah hampir pasti menjadi ibu kota negara yang baru.

Kalimantan mengungguli kandidat-kandidat calon ibu kota baru Indonesia, seperti Sumatera bagian Timur dan Sulawesi.

Di Kalimantan sendiri terdapat dua kandidat, yakni Kalimantan Timur (Kalteng) dan Kalimantan Tengah (Kalteng). Dari kedua calon itu, Kaltim menjadi yang paling berpotensi karena memiliki keunggulan lebih banyak dari sisi infrastruktur maupun hal lainnya.

Meski demikian, orang nomor satu di Indonesia ini tetap akan mengumumkan setelah kajiannya rampung 100%.

"Akan diumumkan setelah waktunya, kalau kajiannya sudah komplit, dengan masalah masalah yang sudah komplit baru saya sampai kan di mana," ungkap dia.



Jokowi soal Lokasi Ibu Kota Baru: Kalau Sudah Waktunya Saya Umumkan


Simak Video "KSP Ungkap Tak Tertutup Kemungkinan Ada Nama Lain Calon Pemimpin Nusantara"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/fdl)