Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 05 Agu 2019 11:50 WIB

Jokowi Segera Bagikan 1,3 Juta Ha Lahan Hutan Buat Rakyat

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Andhika Prasetia/detikcom Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal membagikan lahan hutan seluas 1,3 juta hektare buat masyarakat. Pemerintah tengah menyiapkan lahan tersebut. Hari ini pun digelar rapat koordinasi (rakor) antar menteri.

Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution Darmin Nasution, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Siti Nurbaya, serta Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil hari ini duduk bersama.


Mereka membahas Percepatan Program Reforma Agraria melalui Penyelesaian Penguasaan Tanah dalam Kawasan Hutan (PPTKH), dan Hutan Produksi yang dapat Dikonversi (HPK) yang tidak produktif sebagai sumber Tanah Objek Reforma Agraria (TORA) dari kawasan hutan.

"Pemerintah telah menyediakan TORA yang berasal dari kawasan hutan seluas total seluruhnya dua blok tadi itu 1.308.000 hektare," kata Darmin di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Senin (5/8/2019).

Dua blok yang dimaksud Darmin, pertama adalah hasil inventarisasi dan verifikasi melalui proses PPTKH sebanyak 130 kabupaten seluas 330.357 hektare.

Yang kedua adalah HPK tidak produktif seluas 938.878 hektar dan program pemerintah untuk pencadangan pencetakan sawah baru seluas 39.229 hektar, ditotal menjadi 978.107 hektare.


Nantinya, gubernur, bupati, dan wali kota akan menindaklanjutinya. Lahan hutan ini baru akan diserahterimakan setelah kepala daerah melengkapi permohonannya. Baru kemudian akan diserahkan langsung oleh Presiden.

"Nanti tentu saja kita berharap akan diserahkan oleh Pak Presiden untuk tiap provinsi," tambahnya.

Simak Video "Kawasan Kawah Putih Terbakar, Pedagang dan Sopir 'Teriak'"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com