Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 12 Agu 2019 17:24 WIB

Ada yang 'Goreng' Tanah di Kalimantan, Klaim Dekat Ibu Kota Baru

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Kota Palngka Raya dari Udara (Foto: Eduardo Simorangkir/detikFinance) Kota Palngka Raya dari Udara (Foto: Eduardo Simorangkir/detikFinance)
Jakarta - Presiden Joko Widodo belum mengumumkan di mana calon ibu kota baru akan dibangun. Namun, penjualan tanah kavling dengan embel-embel dekat dengan wilayah calon Ibu Kota Negara sudah diiklankan di situs jual beli online.

Dari penelusuran detikFinance, ada salah satu iklan yang menawarkan Tanah Kavling di Calon Ibu Kota Negara. Lokasi iklan ini terletak di Katingan, Kabupaten Kalimantan Tengah.

Iklan tersebut menawarkan 400 meter persegi tanah kosong dengan harga Rp 122.500 per meter.


Dari deskripsi juga disebutkan, lahan ini ada di lokasi strategis karena berada di satu-satunya jalan utama penghubung antara Palangka Raya atau Ibu Kota Kalimantan Tengah dan Ibu Kota Katingan yang disebut sebagai kandidat kuat ibu kota negara.

"Di lokasi ini sangat dekat dengan Bukit Batu, tempat wisata di Kabupaten Katingan yang direncanakan sebagai Bundaran Terbesar se Asia Tenggara. Akses jalan kavling juga sangat lebar dan lega, yakni lebih dari 8 meter," tulis deskripsi tersebut, dikutip detikFinance, Senin (12/8/2019).

Kemudian iklan tersebut juga menawarkan harga standar lokal. Penjual menyebut harga jual standar membuat pembeli tak perlu khawatir jika memang Ibu Kota tak jadi pindah ke Kalimantan Tengah. Tanah tersebut akan tetap menjadi investasi yang menguntungkan.

Iklan juga membuat pengandaian, calon pembeli akan kehilangan kesempatan mendapat untung jika Ibu Kota jadi pindah ke Kalimantan Tengah. Karena harga dipastikan akan naik ratusan hingga ribuan kali

Pengiklan juga menginformasikan jika tanah tersebut bebas dari konflik, memiliki lingkungan yang nasionalis, calon pembeli akan mendapatkan jaminan dan bantuan administrasi, penginapan serta transportasi hingga support setelah pembelian.

Hingga berita ini ditulis, iklan sudah dilihat oleh 643 kali.


Kemudian juga ada iklan tanah dijual dekat calon ibu kota. Lokasi penjualan terletak di Palangka Raya Kota, Kalimantan Tengah.

Tanah yang dijual seluas 15 hektar dengan bentuk persegi panjang. Pengiklan juga menampilkan spesifikasi yakni lokasi strategis. Tanah ini diklaim cocok untuk investasi, pembangunan perumahan, hotel dan cocok untuk bisnis lain.

"Bisa dicek di Bappenas, siapa cepat dia dapat harga Rp 40 miliar, Nego. Dekat Jalan Trans Kalimantan, Sei Gohong, Bukit Batu," tulis keterangan tersebut.

Simak Video "Mantan Kepala Bappenas Ungkap Konsep Ibu Kota Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed