Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 14 Agu 2019 16:00 WIB

Ini 4 Proyek Rumah Murah Perdana yang Akan Libatkan Swasta

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Ilustrasi/Foto: Agung Pambudhy Ilustrasi/Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Pemerintah menyiapkan sejumlah proyek perumahan rakyat yang akan dikerjasamakan dengan badan usaha atau swasta. Saat ini setidaknya ada empat calon proyek kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU) bidang perumahan yang akan dirilis.

Keempat proyek KPBU tersebut yakni KPBU Pasar Sekanak Palembang (tanah Pemda), KPBU Gang Waru Pontianak (tanah Pemda), KPBU Paldam Bandung (tanah pengembang), dan KPBU Cisaranten (tanah Kementerian PUPR).

"Kita punya pilot project. Satu tanah pemerintah, terus tanah konsolidasi, kemudian swasta. Swasta yang kita dorong karena mereka yang bisa dalam jumlah besar," kata Direktur Perumusan Kebijakan dan Evaluasi Ditjen PIPUPR Herry Trisaputra Zuna saat ditemui di Kementerian PUPR, Jakarta Selatan, Rabu (14/8/2019).


Saat ini keempat pilot project tersebut statusnya masih studi pendahuluan. Ditargetkan proyek ini bisa diluncurkan tahun depan.

"Sekarang kita siapkan outline bisnisnya, feasibility study-nya, nanti skemanya sama kayak KPBU lain, ada prakarsa swasta, ada yang prakarsa pemerintah," tambah Dirjen Pembiayaan Infrastruktur Kementerian PUPR Eko Djoeli Heripoerwanto dalam kesempatan yang sama.


Beberapa kriteria yang diperlukan agar KPBU perumahan bisa digarap di antaranya status tanahnya harus clean and clear. Luasannya juga harus lebih dari 2 hektare (ha).

"Nanti itu juga bisa di-mixed use jadi superblock. Tapi kita jamin di situ akan ada untuk MBR," kata Eko.

Simak Video "Cari Rumah Murah? Yuk, Kunjungi Pameran Properti di JCC"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com