Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 22 Agu 2019 13:56 WIB

Ibu Kota Baru Diputuskan di Kaltim, Apa yang Pertama Dibangun?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Foto: Kementerian PUPR Foto: Kementerian PUPR
Jakarta - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil menyatakan bahwa Kalimantan Timur akan jadi ibu kota baru Indonesia.

Sofyan menyatakan akan ada sekitar 3 ribu hektar lahan yang akan pertama kali digarap pemerintah di daerah ibu kota baru. Tanah itu akan dikunci pemerintah lalu akan langsung membangun kantor presiden

"Begitu diputuskan di mana lokasinya akan kita kunci, mungkin tiga ribu hektar core (inti). Pertama ya tentu (bangun) Kantor Presiden, Kantor Menteri, DPR," kata Sofyan di kantor Kemenko Perekonomian, Kamis (22/8/2019).


Totalnya, ibu kota baru direncanakan memiliki luas sekitar 200-300 hektar. Di dalamnya akan dibangun juga banyak taman kota.

"Itu luas perluasannya bisa 200-300 ribu. Sehingga bisa bikin kota dengan taman kota indah, banyak tamannya, orang bisa hidup sehat udara bersih. Kita harapkan jadi kota menarik buat dihidupi," jelas Sofyan.


Sebelumnya, lokasi ibu kota baru negara Republik Indonesia diputuskan di Provinsi Kalimantan Timur. Hal tersebut disampaikan oleh Menteri ATR Sofyan Djalil.

"Iya, Kaltim benar, tapi belum tahu lokasi spesifiknya di mana yang belum," katanya.

Simak Video "Dear Pemerintah, Waspadai Isu Lingkungan yang Bisa Muncul di Ibu Kota Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com