Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 22 Agu 2019 16:40 WIB

Seputar Kalimantan Timur yang Jadi Lokasi Ibu Kota Baru

Puti Yasmin - detikFinance
Seputar Kalimantan Timur yang Jadi Lokasi Ibu Kota Baru/Foto: Kementerian PUPR Seputar Kalimantan Timur yang Jadi Lokasi Ibu Kota Baru/Foto: Kementerian PUPR
Jakarta - Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Sofyan Djalil menyebut Kalimantan Timur akan menjadi lokasi Ibu Kota baru. Nah, penasaran seperti apa fakta lain dari Kalimantan Timur? Yuk simak.

Sofyan menjelaskan, pemerintah telah menyiapkan lahan seluas 3 ribu hektar di Kalimantan Timur untuk pembangunan tahap pertama. Adapun, lahan keseluruhan seluas 200-300 ribu hektar.



Berikut fakta-fakta Kalimantan Timur yang dirangkum detikcom dari berbagai sumber:

1. Dibentuk Tahun 1956

Provinsi Kalimantan Timur baru dibentuk pada tahun 1956. Sebelumnya, Kalimantan Timur merupakan salah satu keresidenan dari Provinsi Kalimantan tetapi kemudian Provinsi Kalimantan dikembangkan menjadi tiga provinsi.

2. Jumlah Penduduk 3 Juta Orang

Berdasarkan data dari situs Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, jumlah penduduk di tahun 2013 sebanyak 3.300.517 jiwa. Angka ini terdiri dari 1,7 juta laki-laki dan 1,5 juta perempuan.



3. Wisata Unggulan

Ada beberapa wisata yang diunggulkan di Kalimantan Timur, yakni Pulau Derawan dan Desa Budaya Pampang. Lokasi tersebut banyak mengenalkan suku hingga budaya asli dari Kalimantan Timur.

4. Punya 12 Bandara

Salah satu faktor dipilihnya Kalimantan Timur sebagai lokasi Ibu Kota baru karena infrastruktur yang mendukung. Tercatat, saat ini terdapat 12 pelabuhan udara, seperti Sepinggan Balikpapan, Temindung, Samarinda, dan Kalimarau Berau.

5. Kaya Sumber Daya Alam

Kalimantan Timur terkenal dengan sumber daya alam yang melimpah. Hal itu terbukti dari banyaknya investasi di bidang tambang untuk minyak, gas, dan batu bara.

Simak Video "KPK Amankan 8 Orang Terkait OTT di Kaltim"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/nwy)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com