Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 26 Agu 2019 13:53 WIB

Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara Jadi Lokasi Ibu Kota Baru

Hendra Kusuma - detikFinance
Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan ibu kota baru. (Andhika/detikcom) Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan ibu kota baru. (Andhika/detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo memutuskan ibu kota baru Indonesia pindah ke Provinsi Kalimantan Timur. Ini dua lokasi di Kaltim yang menjadi lokasi ibu kota baru.

Jokowi hari ini mengumumkan lokasi ibu kota baru. Dikatakan Jokowi, gagasan pemindahan ibu kota baru ini sudah lama ada.

"Rencana memindahkan ibu kota sudah digagas sejak lama, bahkan sejak era Presiden Sukarno," ujar Jokowi membuka konferensi pers pemindahan ibu kota baru di Istana Presiden, Jakarta, Senin (26/8/2019).


Dikatakan Jokowi, lokasi yang paling ideal setelah melakukan berbagai diskusi, studi, dan pertimbangan adalah Provinsi Kalimantan Timur.

"Ibu kota negara baru paling ideal adalah di sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur," ujar Jokowi.

Hal ini sesuai dengan usulan Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor.

Kawasannya yang sudah kita sampaikan kepada Bapak Presiden, kita sampaikan kepada tim pengkaji, termasuk Kepala Bappenas, yaitu Kabupaten Kutai Kartanegara dan nyambung ke Kabupaten Penajam Paser Utara," kata Isran sebelum konferensi pers.



Simak Video "Kalimantan Timur Jadi Ibu Kota Baru Indonesia!"

[Gambas:Video 20detik]

(zlf/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com