Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 27 Agu 2019 14:30 WIB

Sederet Pengembang yang Bakal Jadi Juragan Tanah di Ibu Kota Baru

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: dok. Google Maps Foto: dok. Google Maps
Jakarta - Kalimantan Timur (Kaltim) telah resmi diumumkan sebagai lokasi ibu kota baru. Lokasi tepatnya Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian Kabupaten Kutai Kartanegara.

Pemindahan ibu kota jadi angin segar bagi para pengembang. Ada beberapa pengembang besar yang kabarnya sudah memiliki lahan di Kaltim, meskipun tidak berada tepat di lokasi ibu kota baru nantinya.

CEO Indonesia Property Watch (IPW), Ali Tranghanda, mencatat setidaknya ada beberapa perusahaan properti besar yang memiliki lahan di Kaltim. Namun dia mengaku tidak punya detil terbaru luasanya.

"Kalau properti ada Ciputra, Agung Podomoro, Cowell, Wika Realty, PP Properti, Bintang Omega Sakti, dan Lippo. Luasnya nggak ada detailnya," ujarnya kepada detikFinance, Selasa (27/8/2019).


Ali mengatakan kebanyakan dari perusahaan properti itu memiliki lahan di Balilpapan. Selain itu ada juga pengembang lokal yang menguasai lahan di sekitaran Kaltim.

"Balikpapan itu saat ini berkembang di sepanjang jalan utamanya," tambahnya.

Menurut Ali jika ibu kota sudah resmi dipindahkan industri properti yang akan berkembang pesat ada di kota besar sekitarnya seperti Balikpapan dan Samarinda. Apalagi koneksi transportasi ada di kota tersebut.

"Sekarang memang mengarah ke Sepinggan dekat Bandara. Kalau ibu kota jadi maka akan terjadi perkembangan luar biasa di wilayah antara Balikpapan dan Samarinda," tutupnya.



Simak Video "Seberapa Urgensinya Ibu Kota Dipindah?"
[Gambas:Video 20detik]
(das/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com