googletag.defineSlot('/4905536/detik_desktop/finance/pop_ups', [785, 440], 'div-gpt-ad-1574092191519-0').addService(googletag.pubads());
ADVERTISEMENT
Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 03 Sep 2019 13:04 WIB

Tak Mau Basa-basi, Amien Rais Minta Pindah Ibu Kota Dibatalkan

Danang Sugianto - detikFinance
Amien Rais/Foto: Rengga Sancaya Amien Rais/Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Rencana pindah ibu kota yang dijalankan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menimbulkan banyak pro dan kontra. Tanggapan ini juga keluar dari Politikus Senior PAN, Amien Rais.

Amien tak setuju dengan rencana tersebut. Tanpa berbelit-belit dan menjelaskan alasannya, dia hanya bilang tolak rencana pindah ibu kota.

"Pesan kita kepada Pak Jokowi nggak usah basa basi, jadi dibatalkan saja," ujarnya dalam acara seminar Menyoal Rencana Pemindahan Ibu Kota Negara di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (3/9/2019).


Menurut Amien sudah cukup banyak pihak yang menjelaskan terkait dampak negatif dari rencana pindah ibu kota. Dia mengambil kesimpulan bahwa pindah ibu kota lebih banyak dampak negatifnya.

"Menurut saya sudah cukup argumennya, ini lebih banyak mudaratnya," tambahnya.

Namun ada pernyataan Amien soal ibu kota yang cukup mencengangkan. Dia menilai pindah ibu kota saat ini bergantung dari kajian yang dilakukan China.

"Sesungguhnya pindah ibu kota itu bukan menunggu study Bappenas tapi study Beijing. Itu jelas sekali," tegasnya.


Dia juga menduga rencana pindah ibu kota ke Kalimantan Timur merupakan cara untuk mempercepat China yang mau merampas kedaulatan Indonesia.

"Pindah ibu kota ini akan percepat pengambil alihan kedaulatan Indonesia oleh China. Menurut Xi Jinping kalau negara barat bisa mencaplok negara lain, mengapa kita tidak bisa," tutupnya.

Simak Video "Wajah Ibu Kota Baru di Benak Jokowi"
[Gambas:Video 20detik]
(das/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com