Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 15 Sep 2019 21:38 WIB

Begini Indikator Ukur Kota Termakmur di RI

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: Aditya Mardiastuti/detikTravel
Jakarta - Dewan Pengurus Pusat Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (DPP REI) telah meluncurkan penelitian tentang Indonesia City Prosperity Index (CPI) 2019. Sebuah indeks yang mengukur kemakmuran sebuah kota.

Hasilnya Denpasar adalah kota yang paling makmur di Indonesia. Diikuti oleh Batam, Balikpapan, dan Tangerang Selatan (Tangsel).

"Kami berharap kota-kota di Indonesia hari ini berkompetisi secara positif untuk mencapai level tertinggi, agar bisa setara dengan kota-kota di negara lain," kata Ketua Umum DPP REI Soelaeman Soemawinata dalam keterangan tertulis, Minggu (15/9/2019).


Terdapat enam indikator dalam CPI milik REI yang diukur untuk menentukan kemakmuran suatu kota. Di antaranya produktivitas, pembangunan infrastruktur, kesetaraan dan inklusivitas sosial, kualitas hidup, keberlanjutan lingkungan, serta legislasi dan postur kelembagaan kota.

Denpasar sebagai kota paling makmur di Indonesia memperoleh skor 60,2% yang artinya masih masuk dalam kategori moderately solid. Belum ada kota-kota di Indonesia yang masuk pada kategori solid dan very solid.

Sementara Jakarta, menduduki peringkat ke-10. Skor yang didapat ibu kota Indonesia ini hanya 55%.

Menurut Soelaeman, pengembang memiliki posisi yang strategis dalam membentuk suatu kota dan index ini mengajak para pelaku pembangunan kota untuk bersama-sama menjadikan kota di Indonesia menjadi lebih makmur.

Simak Video "Sejoli Asal Rusia Tepergok Tanam Ganja Secara Hidroponik di Bali"
[Gambas:Video 20detik]
(das/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
Drooftalk
×
GADUH KERAJAAN GALUH
GADUH KERAJAAN GALUH Selengkapnya