Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 18 Sep 2019 15:07 WIB

Lahan Ibu Kota Baru Dikuasai Miliuner Sukanto Tanoto?

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Dok. Forbes Foto: Dok. Forbes
Jakarta - Ibu kota baru di Kalimantan Timur akan menempati lahan yang dikuasai miliuner Sukanto Tanoto, pendiri kelompok bisnis Royal Golden Eagle (RGE). Lahan tersebut merupakan hutan tanaman industri (HTI).

Informasi ini berasal dari Ketua Dewan Pertimbangan Kadin Indonesia MS Hidayat. Ia mendapat informasi ini dari dua menteri yang hadir dalam acara Rakornas Bidang Properti Kadin Indonesia di Hotel Intercontinental Pondok Indah, Jakarta, Rabu (18/9/2019).


Hidayat tak menyebut nama dua menteri ini. Namun, acara itu dihadiri Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Sofyan Djalil, Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional (PPN) Bambang Brodjonegoro dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

"Saya baru tadi diberitahu resmi bahwa tanah itu sebagian besar tanah HTI miliknya Sukanto Tanoto. HTI yang setiap saat diambil kembali oleh pemerintah, itu tadi statement kedua menteri kepada saya," katanya.

"Itu sebagian besar tanah HTI yang dikuasai Tanoto, tapi sudah ada kesepakatan tanah itu bisa diambil kembali oleh pemerintah," paparnya.

Lebih lanjut, Hidayat mengatakan, pemerintah bisa saja pindah ibu kota tahun 2024. Tapi, ada sejumlah hal yang mesti dipenuhi.


Sebutnya, masterplan ibu kota sudah rampung. Kemudian, infrastruktur mulai sudah dibangun. Tambahnya, itu dengan asumsi tidak ada masalah soal lahan.

"Kalau 2024, berarti masterplan-nya harus sudah selesai secara keseluruhan, dia (pemerintah) menyatakan baru menyelesaikan tahun depan. Kalau begitu, baru mulai tahun depan paling tidak pemerintah baru bisa mulai membangun infrastruktur utama, jalan-jalan, listrik, telekomunikasi dan sebagainya," jelasnya.

"Dan kalau masterplan sudah siap dengan work plan maka harus mulai dibangun gedung-gedung pemerintah yang diperlukan melalui APBN dulu.Dengan asumsi masalah tanah nggak ada masalah," ungkapnya.

Simak Video "Meninjau Ibu Kota Baru Berbasis Smart City dan Eco Friendly"
[Gambas:Video 20detik]
(das/das)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com