Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 24 Sep 2019 07:24 WIB

Konsekuensi Tanoto Pegang Lahan Konsesi, Bisa Ditarik Kapan Saja

Hendra Kusuma - detikFinance
Halaman 1 dari 4
Foto: Dok. Forbes Foto: Dok. Forbes
Jakarta - Miliuner Sukanto Tanoto harus terima konsekuensinya usai mendapat konsesi hutan tanaman industri (HTI) dari Pemerintah. Konsekuensi tersebut adalah tanah itu bisa kapan saja ditarik atau diambil kembali oleh Pemerintah.

Bahkan, Tanoto harus rela bahwa pengambilaihan hak konsesi HTI oleh Pemerintah tidak ada transaksi pembelian lahan. Pengusaha pemilik Asia Pacific Resources International Holdings Ltd (APRIL) disebut memegang konsesi sekitar 6000 hektar lahan yang akan jadi ibu kota baru.

Corporate Affairs Director APRIL Group Agung Laksamana mengaku mendapat informasi bahwa ibu kota baru nanti akan dibangun di lahan PT ITCI Hutani Manunggal (IHM).

PT ITCI merupakan pemasok strategis bahan baku produk kertas ke PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), perusahaan milik Sukanto Tanoto. Mendengar kabar tersebut, APRIL Group mendukung rencana pemerintah membangun ibu kota baru di Kalimantan Timur. Meski diakui akan mempengaruhi operasional perusahaan, namun Agung yakin pemerintah akan memberikan solusi.

Berikut ulasan lengkapnya:

(hek/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com