Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 25 Sep 2019 16:42 WIB

Anies Hadir di Rapat DPR soal Pindah Ibu Kota

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: Danang Sugianto-detikcom Foto: Danang Sugianto-detikcom
Jakarta - Panitia Khusus (Pansus) pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) hari ini menggelar rapat kajian bersama dengan pemerintah pusat. Agenda dari rapat ini mengkaji rencana tersebut.

Dalam rapat dihadiri oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Sofyan Djalil. Rencananya juga turut hadir Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

"Perlu kami sampaikan bahwa keberadaan pansus untuk melakukan kajian pindah ibu kota ini," kata Ketua Pansus IKN DPR RI Zainuddin Amali di Gedung Nusantara II, DPR RI, Jakarta, Rabu (25/9/2019).

Selain mengundang para menteri, Panus Pemindahan IKN juga mengundang para gubernur yang terkait dengan rencana ini, yakni Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor.


"Di samping instansi pusat kita juga hadirkan instansi tingkat daerah. Tapi kita batasi hanya undang Gubernur DKI Jakarta tempat ibu kota sekarang yang rencananya akan kita tinggalkan dan Gubernur Kaltim sebagai lokasi yang akan ditempati nanti," tambahnya.

Zainuddin menerangkan, Panus IKN sendiri fokus membahas 3 hal besar, yakni pembiayaan dan infrastruktur, lokasi dan lingkungan, serta aparatur dan regulasi.

"Untuk sore hari ini kita bicara dalam 2 topik yakni pembiayaan dan infrastruktur serta lokasi dan lingkungan," tambahnya.



Simak Video "Dear Pemerintah, Waspadai Isu Lingkungan yang Bisa Muncul di Ibu Kota Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(das/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com