Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 25 Sep 2019 22:00 WIB

DPR, Anies hingga Menteri PUPR Rapat Bahas Ibu Kota Baru, Ini Hasilnya

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: Lamhot Aritonang Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - Untuk merealisasikan rencana pemindahan Ibu Kota Negara (IKN), pemerintah membahasnya dengan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Untuk membahas hal itu dibentuk Panitia Khusus (Pansus) yang berasal perwakilan dari beberapa komisi di DPR.

Hari ini Pansus Pemindahan IKN DPR menggelar rapat dengan pihak pemerintah. Hadir dalam rapat Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Sofyan Djalil Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, perwakilan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, serta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Rapat dimulai sekitar pukul 16.00 WIB. Rapat digelar terbuka dan baru selesai sekitar pukul 21.00 WIB atau berjalan selama 5 jam.


Rapat ini menghasilkan 2 kesimpulan. Rencananya pada Jumat mendatang Pansus Pemindahan IKN akan dilakukan dengan agenda mendengarkan masukan dari masing-masing fraksi anggota pansus.

Berikut 2 kesimpulan dari rapat hari ini:

1. Pansus dapat memahami paparan dan penjelasan, sekaligus telah memberikan masukan terhadap apa yang telah disampaikan oleh Menteri PPN/Kepala Bappenas, Menteri Keuangan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Menteri ATR/Kepala Badan Pertanahan Nasional, Gubernur DKI Jakarta dan Plt Inspektur Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

2. Paparan dan penjelasan yang telah disampaikan oleh Menteri PPN/Kepala Bappenas, Menteri Keuangan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Menteri ATR/Kepala Badan Pertanahan Nasional, Gubernur DKI Jakarta dan Plt Inspektur Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan akan dijadikan bahan pertimbangan pansus untuk membuat rekomendasi terkait kajian Pemerintah tentang pemindahan Ibu Kota Negara.

Simak Video "Anies Datang Menjenguk, Faisal Amir: Pemerintah Hati-hati"
[Gambas:Video 20detik]
(das/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com