Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 01 Okt 2019 11:24 WIB

Basuki Bicara Desain Ibu Kota Baru di Depan Wisudawan UP

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Foto: Lamhot Aritonang Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - Di depan wisudawan Universitas Pancasila (UP), Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memamerkan sayembara desain ibu kota baru.

Menurutnya, banyak masyarakat yang mau mendesain ibu kota baru, tak menutup kemungkinan bahwa para wisudawan pun berminat. Dia menyebutkan tanggal 2 Oktober nanti sayembara akan dibuka.

"Persiapan pengembangan ibu kota negara, akan segera keliatan wujudnya dalam 2019-2024. Tanggal 2 (Oktober) nanti kita akan buka sayembara untuk urban design ibu kota negara, saya yakin semua mau desain ibu kota negara buat masa depan," ucap Basuki di JCC Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2019).

Terlebih lagi ibu kota baru akan dirancang untuk jadi kotanya anak muda. Basuki pun yakin wisudawan yang umumnya masih muda paham bagaimana ibu kota yang cocok untuk anak muda.


"Nanti konsepnya smart city, forest city, nanti jurinya pun anak muda. Karena ini kota untuk anak muda ke depannya, kami the old fashioned ini nggak gampang," kata Basuki.

Dia juga mengatakan bisa saja ibu kota baru nanti tidak lagi perlu lagi dibangun pusat perbelanjaan. Kendaraan pribadi pun menurutnya tidak lagi dibutuhkan.

"Jadi harus tahu betul maunya anak muda ke depan, apakah masih perlu dengan mall besar atau mobil pribadi? Belum tentu," papar Basuki.

Untuk transportasi, menurutnya memang ibu kota baru akan memprioritaskan lingkungan yang ramah pejalan kaki, bangunan per bangunan pun akan dibuat berdekatan alias dalam radius walking distance, agar bisa dicapai dengan jalan kaki.

"Jadi kita prioritaskan semua dalam walking distance bisa dengan jalan kaki, sepeda. Kalau jauh kita siapkan public transport, private transport harus prioritas paling bawah," jelas Basuki.



Simak Video "Jika Tak Lagi Menjabat, Menteri PUPR Bakal Kangen Kulineran Bareng Jokowi"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com