Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 16 Okt 2019 19:45 WIB

RI Kehilangan 650 Ribu Lahan Sawah, Kok Bisa?

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Rifkianto Nugroho Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana (PSP) Kementan Sarwo Edhi mengungkapkan Indonesia kehilangan 650 ribu hektare lahan sawah. Namun tidak dapat langsung disimpulkan berkurangnya lahan sawah karena beralih fungsi.

Berkurangnya lahan sawah diketahui setelah dilakukan validasi ulang terhadap data statistik pertanian 2017 oleh Kementerian ATR/BPN.

"Jadi kita kehilangan 650 ribu hektare (lahan sawah)," kata dia ditemui usai rapat koordinasi di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Rabu (16/10/2019).


Pihaknya pun masih terus melakukan pendataan terhadap lahan sawah yang berkurang di tiap-tiap wilayah mulai dari kabupaten hingga desa.

"Tapi kita masih berusaha klarifikasi dan validasi terhadap sawah-sawah yang berkurang di setiap kabupaten/kota, setiap desa, kecamatan dan kita sampai hari ini sudah dapat 150 ribu hektare kurang lebih," ujarnya.

Dari 650 ribu hektare lahan, sudah ditemukan sebanyak 150 ribu hektare. Artinya masih ada 500 ribu hektare lahan sawah yang belum terdata dan diketahui statusnya.

"Kan kita berkurang 650 ribu hektare, dan kita berusaha agar mengembalikan yang hilang. Dari yang hilang 650 ribu hektare kita sudah dapat kurang lebih 150 ribu hektare, dan kita harus cari 500 ribu hektare yang dinyatakan hilang," ujarnya.


"Jadi nanti kita normalkan kembali sesuai kondisi lapangan, harapan kita," tambahnya.

Simak Video "Ratusan Warga Pacitan Gelar Salat Istisqa di Bendungan Kering"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com